Asesor Kolegium Visitasi Pembukaan Prodi Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas

Posted By : Majid

Tim Asesor Kolegium Kedokteran Gigi Anak melaksanakan visitasi dalam rangka Pembukaan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Kedokteran Gigi Anak (KGA) FKG Unhas, Kamis (31 Oktober 2019).

Tim Asesor Kolegium KGA yang terdiri dari Prof. Seno Pradopo, drg., SU., Ph.D., Sp.KGA(K). sebagai Ketua Kolegium (Unair), Prof. Dr. Sarworini, drg., Sp.KGA(K)., (Ketua Program Studi PPDGS KGA UI)., Prof. Dr. Inne Suherna Sasmita, drg., Sp.KGA(K)., (Ketua Program Studi PPDGS KGA Unpad)., Dr. Rinaldi Budi Utomo, drg., MS., Sp.KGA(K)., (Ketua Program Studi PPDGS KGA UGM)., Tania Saskianti, drg., Ph.D., Sp.KGA(K).,(Ketua Program Studi PPDGS KGA Unair)., dan didampingi oleh Dekan serta Ketua dan Sekretaris Senat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. drg. Rasmidar Samad, MS dan Prof. Dr. drg., Sri Oktawati, di Ruang Senat FKG Unhas.

Turut hadir pula para Wakil Dekan, Ketua dan Tim Task Force KGA, Para Ketua Program Studi, para Ketua Departemen, Ketua Unit Research, Publication, and Production House and Innovation, Ketua DEU serta civitas akademika FKG Unhas.

Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Asesor yang telah hadir ke FKG Unhas pada hari ini.

“Syukur Alhamdulillah hari ini sampailah kita pada tahap visitasi kolegium, ini merupakan bukti kesungguhan kita semua untuk mempersiapkan pembukaan prodi ini”, kata drg. Ruslin

“Spirit pembukaan pendidikan spesialis di FKG Unhas sebenarnya berawal dari Departemen Kedokteran Gigi Anak, yang kemudian spirit itu melahirkan pembukaan Prodi lain diantaranya Prodi Prostodonsia, Periodonsia dan Konservasi Gigi”, lanjut drg. Ruslin

“Alhamdulillah belum lama ini FKG Unhas telah membuka Prodi Ilmu Bedah Mulut dan Maksillofasial dan Prodi Ortodonti. Pengalaman itu menjadi penyemangat tersendiri buat kami untuk membuka prodi ini”, tambah drg. Ruslin

“Semoga spirit untuk membuka prodi tetap terjaga, sehingga Prodi ini nantinya dapat memperluas pelayanan dan menjadi awal berkembangnya kedokteran Gigi Anak di wilayah Indonesia timur”, harap drg. Ruslin

“Terima kasih pula kepada para Wakil Dekan serta seluruh Task Force yang telah banyak membantu dalam proses pembukaan prodi ini”, tutup drg. Ruslin

Sambutan berikutnya datang dari Ketua Tim Visitasi Kolegium yang juga sebagai Ketua Kolegium Prof. Seno Pradopo, drg., SU., Ph.D., Sp.KGA(K).

“Terima kasih kepada FKG Unhas yang telah memfasilitasi serta terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses persiapan pembukaan prodi ini”, ucap Prof. Seno.

“Kami beserta tim sangat mendukung pembukaan prodi ini dan akan memberikan rekomendasi walaupun terlebih dahulu memperbaiki dari beberapa catatan TIM Visitasi sebelum kami berikan Rekomendasi, hal ini untuk mempemudah proses pada tahapan selanjutnya yaitu tahapan di KKI dan tentunya di LAMPTKES untuk mendapatkan akreditasi minimal,” tambah Prof. Seno.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Ketua Tim Pembukaan Program Studi Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas Prof. Dr. drg. Muh. Harun Achmad, M.Kes., Sp.KGA(K), yang diawali dengan memaparkan progress pembukaan prodi ini dari tahun ke tahun.

Tepat pukul 13.30 WITA, para Asesor beserta rombongan kemudian bertolak ke Dental Center RS Unhas untuk meninjau kesiapan sarana prasarana pembukaan Prodi ini.

Setelah meninjau sarana dan prasarana, Tim Asesor dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Rektorat Unhas. Tim Asesor Kolegium Kedokteran Gigi Anak dan Rombongan diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur Unhas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D.

Dalam sambutannya, Prof. Sumbangan Baja menjelaskan ke hadapan para Asesor tentang komitmem dan dukungan sepenuhnya dari Ibu Rektor Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA kepada FKG Unhas untuk membuka Program Studi Spesialis Kedokteran Gigi Anak.