Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Periodonsia Unhas diselenggarakan dengan tujuan menjadi pusat pendidikan dan pelayanan spesialisasi periodonsia di kawasan Timur Indonesia, berwawasan global, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki keterampilan klinik serta mampu bekerja di masyarakat sesuai kompetensi dan mampu bersaing secara nasional dan internasional. Tujuan lain dari penyelenggaraaan program spesialis periodonsia adalah meningkatkan jumlah penelitian, publikasi ilmiah serta dihasilkan lulusan spesialis periodonsia yang cakap, terampil, memiliki daya juang, tangguh secara moral, etika, dedikasi yang tinggi serta peduli terhadap masyarakat dan mampu mendorong kemandirian masyarakat melalui pengabdian dan pelayanan ke pada masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan jaringan periodontal.

Pendidikan dokter gigi spesialis periodonsia ditempuh selama 6 semester. Mata kuliah unggulan dari program studi spesialis periodonsia adalah periodontal tissue engineering dan periodontal esthetic.

Keahlian yang dimiliki oleh seorang spesialis periodonsia adalah perawatan jaringan pendukung gigi, seperti perawatan gusi berdarah, gusi meradang, penurunan gusi, gigi-gigi yang goyang, menghilangkan karang gigi, bedah periodontal dan sebagainya.