Pendidikan dokter gigi spesialis prostodonsia merupakan kelanjutan dari pendidikan profesi dokter gigi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme yang lebih tinggi dalam disiplin ilmu kedokteran gigi. Lulusan pendidikan dokter gigi spesialis prostodonsia harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien dan masyarakat.

Visi PPDGS FKG Unhas adalah Pusat unggulan pendidikan dokter gigi spesialis prostodonsia FKG-UNHAS yang terkemuka di Indonesia Bagian Timur yang berbasis semangat benua maritim Budaya berbasis benua maritim dapat dijabarkan kedalam  : KEBERSAMAAN (akomodatif, adaptif, kreatif), KEADILAN (kepemimpinan, kepeloporan, kepedulian), KESUNGGUHAN (pengembangan kapasitas diri, semangat hidup, semangat kewirausahaan, keuletan).

Adapun jenis perawatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa PPDGS prostodonsia selama mengikuti pendidikan yaitu mahasiswa mampu menyelesaikan kasus gigi tiruan lengkap spesialistik, gigi tiruan sebagian lepasan spesialistik, gigi tiruan cekat spesialistik, overdenture, veneer, implan, kelainan sendi rahang, maksilofacial, protesa-periodontal, crown lenghtening dan perawatan preprostetik.