FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Agustus 2021

FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Agustus 2021

FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Agustus 2021 post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin kembali menggelar yudisium periode Agustus 2021. Acara berlangsung mulai pukul 13.00 WITA secara hibrid, Kamis (26/8).

Secara luring terbatas dengan protokol kesehatan, titik acara berlangsung di Aula Molar, FKG Unhas Tamalanrea. Hadir langsung pada acara ini pimpinan FKG Unhas, para Anggota Senat, Guru Besar, Direktur dan para Wakil Direktur RSGMP Unhas, Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi dan Departemen serta civitas akademika FKG Unhas.

Pada periode ini, FKG Unhas mengukuhkan 2 (dua) Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG), 9 (Sembilan) orang tahapan Profesi Dokter Gigi serta 82 (delapan) Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Mengawali sambutannya, Dekan FKG Unhas drg Ruslin mengucapkan selamat kepada peserta yudisium dan para orang tua atas keberhasilannya meraih gelar Dokter Gigi Spesialis (Sp.KG) dan Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Ucapan selamat juga disampaikan kepada para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan tahapan profesi dokter gigi yang akan menunggu Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) untuk mendapatkan gelar dokter gigi.

“Tentunya bukan hal yag mudah untuk meraihnya, banyak pengorbanan baik materil dan non materil yang telah kalian keluarkan untuk meraih gelar tersebut”, sambungnya

Sampai saat ini alumni FKG Unhas telah mencapai 2931 orang dengan rincian Dokter Gigi sebanyak 2782 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 149 orang.

“Hari ini kita juga meyudisium 82 lulusan Sarjana Kedokteran Gigi dari angkatan 2018, dimana jumlah keseluruhan angakatan 2018 berjumlah 139 orang, jadi sekitar 60% menyelesaikan pendidikannya tepat waktu yakni 3 tahun’’, jelasnya

“Semoga capaian masa studi yang baik ini bisa diraih pula pada program profesi nantinya, dimana masa studi untuk jenjang profesi selama 4 semester sehingga anak-anak ku semua bisa meraih cita-citanya untuk menjadi dokter gigi, olehnya itu dukungan dan perhatian orang tua sangat diharapkan untuk memacu anak-anaknya selama menjalani program profesi dokter gigi. harapnya

Mengingat masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih tinggi khususnya di Indonesia Bagian Timur, dimana rasio jumlah penduduk dengan tenaga medis dalam bidang kedokteran gigi masih jauh dari angka ideal.

FKG Unhas juga sedang berusaha untuk menyiapkan fasilitas pembelajaran dalam rangka meningkatkan jumlah tenaga medis yang handal dalam bidang kedokteran gigi dengan membuka program studi.

“Insya Allah akhir tahun ini kami akan membuka Prodi Sarjana Terapan (D-IV) Terapi Gigi dan PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi. Sementara untuk borang pembukaan Prodi Vokasi Tekniker Gigi dan Program Doktor sedang dipersiapkan”, kata drg. Ruslin

Diakhir sambutannya mantan Direktur RSGM Unhas ini berpesan bahwa ujian yang sesungguhnya bukan pada saat anda menempuh pembelajaran di FKG Unhas, tetapi ujian sesungguhnya adalah pada saat kalian terjun ke masyarakat untuk menerapkan ilmu yang anda peroleh. Banyak tantangan yang memerlukan kemampuan pengetahuan, keterampilan, kesabaran dan kreatifitas serta inovasi untuk meraih kesuksesan dan dalam memperoleh kualitas hidup yang lebih baik.