FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

FKG Unhas Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

FKG Unhas Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) telah berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) untuk mahasiswa angkatan 2020 dan angkatan 2021.

Irfan Sugianto, drg., M.MedEd., Ph.D selaku ketua Dental Education Unit (DEU) memaparkan bahwa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di FKG Unhas telah diberlakukan untuk mahasiswa dua angkatan tersebut terhitung mulai tanggal 11 Oktober 2020.

“Kegiatan tersebut dilakukan pada kegiatan perkuliahan dan Clinical Skill Lab”, ucapnya

Lebih lanjut drg. Irfan menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas ini masih dikombinasikan dengan pembelajaran secara daring yang kemudian diberi istilah pembelajaran secara hybrid (luring dan daring) dimana sebagian mahasiswa mengikuti secara luring dan disaat yang bersamaan sebagian mahasiswa mengikuti pembelajaran secara daring.

Untuk mendukung kegiatan PTMT, FKG unhas telah mempersiapkan sarana pendukung antara lain kamera video conferencing (Pro Aver) di ruang kuliah.

drg. Irfan juga menambahkan bahwa ruangan kuliah telah diatur, dimana jarak antara kursi yakni minimal 1,5 m dan dilakukan disinfeksi ruangan 3 kali sehari.

Sebelum mengikuti kegiatan PTMT, mahasiswa diwajibkan telah mendapatkan persetujuan orang tua, vaksinasi Covid-19 dan dilakukan swab antigen. Mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan covid-19 dengan mencuci tangan dan pemeriksaan suhu.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi FKG Unhas Prof. Dr. Edy Machmud, drg. Sp.Pros(K) menyatakan bahwa kegiatan PTMT ini merupakan implemetasi surat keputusan Rektor terkait PTMT dan dengan kegiatan pembelajaran hybrid ini diharapkan pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai.