FKG UNHAS News FKG Borong 3 emas dan 1 Perak di PIMNAS ke-34

FKG Borong 3 emas dan 1 Perak di PIMNAS ke-34

FKG Borong 3 emas dan 1 Perak di PIMNAS ke-34 post thumbnail image

Kontingen mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) mencatat kesuksesan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 34 di Universitas Sumatera Utara, Medan yang berlangsung tanggal 26 – 29 Oktober 2021.

Kesuksesan itu ditorehkan melalui dua tim FKG Unhas yang berlomba di ajang bergengsi PKM Riset Eksakta dan PKM Karsa Cipta yang berhasil memborong 3 medali emas dan 1 perak.

Tim PKM Riset Eksakta yang diketuai oleh Andi Apriliiqa Megumi Adhila Larasati berhasil menyapu bersih 2 emas dari kategori presentasi dan poster dengan mengungguli wakil-wakil dari kampus unggulan lainnya di Indonesia.

Sementara tim yang diketuai oleh Nabila Ramdhani yang berlomba di PKM Karsa Cipta berhasil memborong medali emas untuk poster dan medali perak pada kelas presentasi.

Dosen pendamping tim Pimnas FKG Unhas, drg. Nursyamsi, M.Kes., menyatakan kesuksesan tim yang didampinginya tidak terlepas dari kerjasama antara pihak pimpinan fakultas, dosen pendamping dan mahasiswa dalam menjalani proses program kreativitas mahasiswa.

Dosen yang telah empat tahun bertut-turut mengantarkan mahasiswanya memenangkan medali di PIMNAS ini juga mengapresiasi semangat juang Tim PKM FKG Unhas melalui dedikasi, kerja keras dan semangat juang pantang menyerah.

“Mereka tidak gentar untuk berkompetisi dengan perwakilan-perwakilan dari kampus ternama lainnya dan sesuai harapan kita semua mereka mempersembahkan yang terbaik bagi almamater tercinta”, tutupnya

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKG Unhas Dr. drg Eddy Heryanto Habar, Sp.Ort (K) yang juga mendampingi tim dalam menantikan pengumuman PIMNAS ke-34, menyatakan rasa senang dan bangganya atas keberhasilan ini.

Senada dengan Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg.,M,Kes.,Ph. D., Sp.BM (K). Beliau menyambut suka cita keberhasilan Tim PKM FKG Unhas.

“Untuk mengapresiasi keberhasilan mahasiswa tersebut, kami telah mempersiapkan reward khusus bagi para juara. Selain bebas dari skripsi, mereka juga akan mendapatkan bonus berupa bebas UKT satu semester yang akan kami serahkan pada acara syukuran nanti”, lanjut Prof. Ruslin

“Semoga capaian ini dapat menjadi pemacu bagi mahasiswa FKG Unhas lainnya untuk terus berprestasi di masa mendatang”, tutupnya

Tim FKG Unhas yang berkompetisi di PIMNAS ke-34, yakni:
1. Tim PKM RE dengan ketua Andi Apriliqa Megumi Adhila Larasati dengan judul “Inovasi bahan balu bone grafting berbasis tulang P.pardalis terhadap proses re modeling tulang pada penderita periodontitis”, beranggotakan Rahma Sania Syahrir dan Shaffati Saffa;

2. Tim PKM KC dengan ketua tim Nabila Ramdani dengan judul “Bantal TMJ Relaxation Eco-friendly Menggunakan Low Level Laser Therapy (LLLT) untuk Meningkatkan kualitas tidur dan meredakan nyeri TMD”, beranggotakan Muhammad Refal Akbar, Al Ghumaisha, Ahmad Ghazali Darwis, dan Andi Muhammad Irsyad Baso;

3. Tim PKM K dengan ketua Joe Mazmur Wattimena dengan judul “Betawi: Salep Ekstrak Biji Pinang (Areca catechu L.) untuk Menghentikan Perdarahan Pasca Cabut Gigi dalam Mengurangi Limbah Kasa”, beranggotakan Amelia Nurkasih, dan Nurjanah Sufi.