FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Virtual Simposium Internasional Seri -13 Bahas Pencegahan Penyakit Mulut

FKG Unhas Gelar Virtual Simposium Internasional Seri -13 Bahas Pencegahan Penyakit Mulut

FKG Unhas Gelar Virtual Simposium Internasional Seri -13 Bahas Pencegahan Penyakit Mulut post thumbnail image

Dalam rangka Dies Natalis ke-39, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Virtual International Symposium Series #13 dengan tema: “Big Data and Oral Disease Prevention”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (21/12).

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Prof. dr. Nasrum Massi, Ph.D.

Hadir sebagai narasumber yakni Professor Li-Sheng Chen, Ph.D., (Vice Dean of Education and Global Affairs Collage of Oral Medicine Taipei Medical University, dengan materi mengenai “Who-guided Oral Health System and Sustainable Development Goal (SDG)”.

Dalam materinya, Prof. Li-Sheng menjelaskan bidang kajian ilmu kedokteran gigi yang sejalan dengan capaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin ketiga, yakni dengan memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia. Upaya pencapaian tujuan SDGs tersebut profesionalitas dokter gigi sangat diperlukan untuk berperan penting dalam upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut.

Peningkatan kesehatan gigi dan mulut dihadirkan oleh para Dokter Gigi melalui sistem informasi pelayanan atau penyuluhan dengan melakukan skrining secara berkala dan pemberian langkah perawatan gigi dan mulut untuk mencegah terjadinya kerusakan.

“Memberikan edukasi pentingnya memahami kesehatan mulut sangat perlu diberikan kepada semua target jenjang usia, yakni kepedulian perawatan kesehatan mulut bagi ibu, anak, orang dewasa, lansia dalam jangka panjang dan untuk kebutuhan perawatan kesehatan secara khusus, “ jelas Prof. Li-Sheng.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa dalam menjaga kesehatan mulut sangat berpengaruh terhadap beberapa kebiasaan yang dilakukan, baik dalam mengonsumsi makan dan minuman hingga bahaya merokok yang berisiko cukup tinggi dapat menyebabkan infeksi pada bagian gusi dan perubahan tampilan gigi.

Dengan demikian, setiap jenjang usia memerlukan perawatan dan penanganan yang berbeda, sehingga sangat penting melakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara berkala dan berpengaruh penting terhadap kualitas hidup setiap individu.

Diakhir acara, Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D.,Sp.BM (K) menyampaikan terima kasih kepada pemateri atas share pengetahuan dan pengalaman pada dalam kegiatan siang ini.

Kegiatan yang dipandu oleh drg. Andi Sitti Hajrah Yusuf, M.S., selaku moderator diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.