FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Februari 2022

FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Februari 2022

FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Februari 2022 post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar yudisium periode Februari 2022. Acara berlangsung mulai pukul 09.30 WITA secara hibrid, Rabu (2/2).

Secara luring terbatas dengan protokol kesehatan, titik acara berlangsung di Aula Molar, FKG Unhas Tamalanrea. Hadir langsung pada acara ini pimpinan FKG Unhas, para Anggota Senat, Guru Besar, Direktur dan para Wakil Direktur RSGMP Unhas, Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi dan Departemen serta civitas akademika FKG Unhas.

Pada periode ini, FKG Unhas meyudisium 46 (empat puluh enam) Dokter Gigi (drg), 21(dua puluh satu) orang tahapan Profesi Dokter Gigi serta 3 (tiga) orang Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Mengawali sambutannya, Dekan FKG Unhas Prof. Ruslin mengucapkan selamat kepada peserta yudisium dan para orang tua atas keberhasilannya meraih gelar Dokter Gigi (drg.) dan Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Ucapan selanjutnya disampaikan kepada para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan tahapan profesi dokter gigi yang akan menunggu Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) untuk mendapatkan gelar dokter gigi.

Dekan FKG Unhas juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan terbaik, untuk profesi dokter gigi diberikan kepada drg. Nadya Shefira Salsabillah Ardin IPK 3.71 dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan. Untuk Tahapan Profesi a.n. Filzah Azalia, IPK 3,78, dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Sementara itu untuk Sarjana Kedokteran Gigi diberikan kepada Nurul Aulia Pratiwi, IPK 3,40, dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Jumlah lulusan Dokter Gigi FKG Unhas menunjukkan tren yang positif, dimana dalam 3 tahun terakhir jumlah lulusan dokter gigi mencapai 562 orang.

Pada tahun 2019 jumlah lulusan dokter gigi sebanyak 91 orang, tahun 2020 sebanyak 220, tahun 2021 sebayak 205 orang dan diawal tahun 2022 sebanyak 46 orang.

“Tentunya capaian ini tidak lepas dari dukungan kerjasama berbagai pihak, olehnya itu atas nama pimpinan Fakultas menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para guru besar, para staf dosen serta para Tenaga Kependidikan FKG Unhas atas dedikasinya selama ini”, kata Prof Ruslin

Hingga saat ini alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin telah mencapai 3.043 orang, dengan rincian Dokter Gigi sebanyak 2.894 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 149 orang.

“Kedepan kami sangat yakin, FKG Unhas sebagai tempat penyedia tenaga kesehatan yang handal dan tempat penyedia tenaga kesehatan professional di bidang kedokteran gigi akan terus berkontribusi untuk memajukan bangsa”, ucapnya

Dalam waktu dekat, FKG Unhas akan membuka Prodi Spesialis baru yakni Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Ilmu Penyakit Mulut.

“Selangkah lagi FKG Unhas manjadi Fakultas IPDG yang ke-3 yang memberikan pelayanan Dokter Gigi Spesialis lengkap dengan 8 (delapan) program studi”, sambungnya

FKG Unhas senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, baik segi sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia maupun system/regulasi serta tanggap terhadap perubahan.

Diakhir sambutannya, Prof. Ruslin berharap semoga ilmu yang diperoleh di FKG Unhas dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan mengabdi kepada keluarga dan masyarakat dimanapun kalian berada, dengan menjujung tinggi Kode Etik Kedokteran Gigi Indonesia dan menjaga nama baik almamater.

Sementara itu Ketua IKA FKG Unhas sekaligus sebagai Anggota DPR RI (drg. Hj. St. Hasnah Syam, MARS) menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya saat ini.

“Tentunya saya percaya bahwa siapapun yang telah sampai pada tahap ini adalah orang-orang yang terseleksi dan orang-orang yang memiliki semangat yang tinggi dalam menempuh pendidikan”, ucapnya

Anggota DPR RI ini menambahkan bahwa kita semua bersyukur karena FKG Unhas telah menjadi ekosistem pendidikan yang terbaik, ini terbukti dengan banyak dibukanya prodi baru serta sederet prestasi yang telah diraih baik tingkat nasional maupun internasional.

“Apapun profesi yang akan dijalani setelah ini, tentu semua memiliki jalan dan tantangan masing-masing, olehnya itu tetaplah bersemangat untuk meraih cita-cita”, tutupnya

Acara yang berlangsung lancar hingga pukul 11.00 WITA.

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)