FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi asesmen lapangan daring dalam rangka akreditasi Program Studi Spesialis Kedokteran Gigi Anak pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 WITA yang terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (22/02).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh.Restu, MP), Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes, yaitu:

Asesor 1: Diatri Nari Ratih, drg., M.Kes.,Sp.KG(K)., Ph.D., (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta),

Asesor 2: Yulianti Kemal, drg., Sp.Perio(K)., (Universitas Indonesia, Jakarta).

Dalam sambutannya, Prof. Ruslin menyampaikan bahwa dalam upaya persiapan pembukaan Program Studi Spesialis Kedokteran Gigi Anak, FKG Unhas telah memaksimalkan berbagai kebutuhan pendukung, seperti pengisian Borang Pembukaan Program Studi sebagai dokumen persyaratan.

“Usulan pembukaan prodi baru untuk Pendidikan Spesialis FKG Unhas ini tentunya memerlukan beberapa persiapan, baik asesmen internal maupun eksternal, sebagai wujud komitmen untuk menjamin nilai mutu pendidikan kedokteran gigi Unhas,” Jelas Prof. Ruslin

Lebih lanjut, Prof. Ruslin berharap bahwa walaupun proses visitasi asesmen lapangan berlangsung daring, namun dirinya berharap dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan. Sehingga kehadiran Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas dapat menghasilkan lulusan yang bermanfaat dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyambut baik kedua asesor yang akan melakukan visitasi. Beliau menjelaskan bahwa pendidikan bidang kedokteran gigi di Unhas terus berkembang dengan menghadirkan usulan program studi baru. Hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pihak fakultas dan Unhas sebagai pendidikan tinggi dalam memenuhi sumber daya Dokter Gigi Spesialis.

“Kebutuhan akan tenaga spesialis kedokteran gigi anak semakin tinggi, utamanya pada wilayah Indonesia Timur. Untuk itu usulan FKG dalam membentuk Prodi Spesialis baru ini, kami sangat merespon baik dengan memberikan fasilitas dan dukungan untuk terus berkembang, guna menghasilkan SDM yang sangat dibutuhkan ditengah masyarakat,” jelas Prof. Restu.

Mewakili tim asesor, Diatri Nari Ratih, drg., M.Kes.,Sp.KG(K)., Ph.D., menyampaikan bahwa selain memberikan penilaian terhadap kesiapan prodi dalam memenuhi berkas persyaratan yang dibutuhkan, tetapi tim asesor juga akan lebih banyak untuk memberikan saran dan masukan untuk pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran.

Proses visitasi LAM-PTKes untuk Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak FKG Unhas dijadwalkan akan berlangsung selama satu hari dan hasil visitasi nantinya akan disampaikan kepada LAM-PTKes untuk dilakukan analisis dan validasi sebelum memberikan hasil assesmen.