FKG UNHAS News Rangkaian Dies Natalis ke-39, FKG Unhas bersama Pemkab Gowa Adakan Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Lelangit

Rangkaian Dies Natalis ke-39, FKG Unhas bersama Pemkab Gowa Adakan Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Lelangit

Rangkaian Dies Natalis ke-39, FKG Unhas bersama Pemkab Gowa Adakan Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Lelangit post thumbnail image

Sebanyak lima anak dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan melakukan operasi celah bibir sumbing secara gratis di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Minggu (6/3/2022).

Operasi gratis ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam menyiapkan kemudahan fasilitas kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan situasi pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang sangat signifikan, salah satunya kemampuan daerah yang menurun sehingga untuk menciptakan program untuk masyarakat juga ikut berkurang. Sehingga langkah yang diambil oleh pemerintah yakni melakukan kolaborasi dalam memberikan bantuan program kepada masyarakat.

“Pemerintah tidak boleh jalan sendiri dalam membangun daerah dan memberikan bantuan ke masyarakat di tengah pandemi seperti ini. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada seperti yang kita lakukan hari ini,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, operasi celah bibir sumbing belakangan memang jarang dilakukan dan kurang diketahui oleh masyarakat banyak. Sehingga kolaborasi seperti ini akan terus dilakukan Pemkab Gowa bersama FKG Unhas secara berkelanjutan kedepannya.

“Memang dari berbagai pasien yang ada, mereka tau adanya kegiatan ini karena sangat jarang dilakukan. Jadi kita akan kolaborasi terus, dengan langkah awal meminta para camat dan PKK mengidentifikasi di lapangan lalu kami diskusikan ke Dekan untuk bisa dilaksanakan seperti ini. Bukan hanya masyarakat Gowa tapi masyarakat kabupaten dan kota di Sulsel juga bisa ikut,” jelas orang nomor satu di Gowa itu.

Paa kesempatan tersebut, Bupati Adnan juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran FKG Unhas dan PDGI karena memilih Kabupaten Gowa sebagai tempat terlaksananya kegiatan bakti sosial operasi bibir celah dan lelangit ini.

“Atas nama pemerintah dan masyarakarat Kabupaten Gowa tentu  kami mengapresiasi kepada FKG dan PDGI serta semua yang terlibat sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus dilakukan di Kabupaten Gowa agar semakin banyak warga kita yang bisa dibantu,” harap Adnan.

Sementara Dekan Fakutas Kedokteran Gigi Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dilakukan sebagai rangkaian dari Dies Natalis FKG Unhas Ke-39, dimana tahun ini pusat pelaksanaannya berlangsung di Kabupaten Gowa..

Pada kegiatan ini sebanyak 12 orang yang mendaftar, namun yang lulus pada proses screening hanya 5 (lima) orang, sehingga yang dilakukan operasi hari ini hanya lima orang tersebut yang merupakan warga dari Gowa, Makassar dan Luwu Utara.

“Ada beberapa yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga kami akan jadwalkan ulang setelah hasilnya negatif di RSUD ini,” kata Prof Ruslin

“Kami berterimakasih atas dukungan dari Pemda Gowa, Tim Penggerak PKK Kab. Gowa serta PDGI Kab. Gowa yang telah memberikan kami fasilitas disini”, tutup Prof Ruslin.

Pelaksanaan operasi celah bibir dan lelangit atau lazim disebut bibir sumbing ini dipantau langsung Bupati Gowa bersama Dekan FKG Unhas dan Ketua Tim Penggerak PKK Gowa (Priska Paramita Adnan), Ketua PDGI Gowa (drg. Kartika Malluserang), Plt. Kadis Kesehatan Gowa (Taufik Mursad, ST) serta Plt. Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa (Zainuddin Jufri, SKM., MARS).