FKG UNHAS News Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan, FKG Unhas Gelar Worksop Pengukuran CPL

Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan, FKG Unhas Gelar Worksop Pengukuran CPL

Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan, FKG Unhas Gelar Worksop Pengukuran CPL post thumbnail image

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Workshop “Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Pendidikan Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis”. Kegiatan berlangsung di Hotel Claro Makassar, Selasa (08/03).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA ini menghadirkan pemateri yakni Syahrul Said, S.Kep., Ns.,M.Kes., Ph.D dan Dr. Hendra, S.Si., M.Kom serta dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Ketua dan sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi serta para koordinator matakuliah Program S1, Profesi dan Spesialis pada lingkup FKG Unhas.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya kepada seluruh penanggung jawab mata kuliah yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di FKG Unhas.

Dirinya menambahkan, dengan perubahan zaman yang begitu cepat, sudah selayaknya peningkatan kualitas pembelajaran pada Program Pendidikan Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis harus lebih ditingkatkan.

“Semoga dengan kegiatan workshop ini menjadi tahap evaluasi terhadap proses pembelajaran, metode asessemen dan manajemen pembelajaran sehingga dengan adanya pengukuran Capaian Pembelajaran disetiap mata kuliah, akan memberikan informasi terkait kualitas proses dan output dari program studi”, harapnya

Senada dengan itu, Ketua Komkordik FKG – RSGMP Unhas (Adam Malik Hamudeng, drg., M.MedEd), menjelaskan bahwa CPL itu tidak hanya ukuran secara tertulis, tetapi menjadi bagian tanggung jawab dan kinerja kita sebagai pendidik di seluruh matakuliah yang kita ampuh, sehingga lulusan yang kita hasilkan nantinya sesuai dengan standar capaian pembelajaran.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dental Education Unit FKG Unhas (Irfan Sugianto, drg., M.MedEd., Ph.D) menjelaskan bahwa capaian pembelajaran prodi merupakan gambaran akhir kemampuan lulusan yang menunjang tercapainya profil lulusan sehingga standar kualitas output dan outcome lulusan dapat meningkat.

“Capaian pembelajaran lulusan diturunkan ke setiap mata kuliah dengan beban yang berbeda-beda dan dari hasil akumulasi pembelajaran mata kuliah tersebut dapat diukur capaian pembelajaran program studi”, lanjutnya

Sementara itu Ardyansyah Arthin, drg., M.P.H selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa pada kegiatan ini juga kami memanfaatkan software pengukuran CPL yang akan memberikan informasi terkait pencapaian CPL ditingkat individu mahasiswa, mata kuliah dan program studi Pendidikan Dokter Gigi FKG Unhas.

“Hasil pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan menjadi dasar dan data dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada program Pendidikan Dokter Gigi FKG Unhas”, tutupnya

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 18.00 WITA dan ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan (Dr. Eddy Heriyanto Habar, drg., Sp.Ort (K).

Laporan: Majid Asinu (Humas FKG Unhas)