FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon

FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon

FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon serta Yayasan Celebes Cleft Center (CCC) menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Celah Bibir dan Lelangit di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo Kota Ambon (11-12 Maret 2022).

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“FKG Unhas memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut di Kawasan Timur Indonesia, oleh karena itu bakti sosial kali ini diadakan di Kota Ambon Provinsi Maluku”, jelasnya

“Ditahun 2022 ini kami sudah melakukan operasi bibir dan lelangit gratis di beberapa daerah diantaranya Kab. Takalar, Kota Samarinda, Kab. Pohuwato Gorontalo dan Kab. Gowa”, lanjutnya

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Widya Pertiwi Murad Ismail (Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku), Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, MM., MT (Komandan Lantamal IX Ambon), Ibu Widiya Said Latuconsina (Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri III) serta Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh Hariyoso, MMRS (Karumkital dr. F. X. Suhardjo), atas support dan dukungannya pada kegiatan baksos kali ini.

Senada dengan itu, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K) mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi operasi pasien Celah bibir dan lelangit secara gratis kepada pasien yang tidak mampu di kota Ambon.

“Selain itu sebagai upaya agar penderita kelainan celah bibir dan lelangit dapat bangkit dan memiliki kepercayaan diri di tengah masyarakat”, tambahnya

Sementara itu Ketua TP PKK Maluku Widya Pratiwi Murad saat meninjau operasi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lantamal IX, FKG Unhas dan dan Yayasan Celebes Cleft Center (CCC) atas penyelenggaran operasi kemanusiaan itu.

Widya kemudian mengunjungi sejumlah pasien yang umumnya anak-anak yang telah selesai mengikuti operasi bibir sumbing, sekaligus memberikan bingkisan serta menyemangati mereka untuk kembali tersenyum dan menatap masa depan lebih baik.

Komandan Lantamal IX Ambon (Brigjen TNI Said Latuconsina) menyatakan baksos tersebut menjadi momentum untuk merefleksikan bakti TNI AL kepada bangsa dan negara, memperkokoh ikatan dengan masyarakat serta menunjukkan bahwa institusi tersebut adalah bagian dari rakyat.

Sedangkan Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. FX Suhardjo (Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh Hariyoso) mengatakan bahwa sebelum dioperasi setiap pasien harus melewati serangkaian pemeriksaan baik fisik, foto thorax, laboratorium dan pemeriksaan oleh dokter Spesialis untuk menentukan pasiennya memenuhi kriteria operasi.

Sebanyak 42 pasien celah bibir dan lelangit telah mendaftar kepada panitia pelaksana sejak bulan Februari 2022.

Setelah dilakukan Screening pasien, hanya 29 pasien yang dapat dilakukan operasi disebabkan oleh pasien yang belum layak operasi dan juga terkonfirmasi positif covid-19.

Tim dari FKG Unhas yang hadir diantaranya Prof. Dr. Bahruddin Talib, drg., M.Kes., Sp.Pros(K)., Moh. Gazali, drg., MARS., Sp.BM(K)., Abul Fauzi, drg., Sp.BM(K)., Mukhtar Nur Anam, drg., Sp.BM., dr. Ahmad Nur Islam, Sp.An., dr. Andi Alamsyah, Sp.An., Penata anestesi 2 orang, Perawat OK 1 orang serta Residen Bedah Mulut dan Maksilofasial 6 orang.

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)