FKG UNHAS News FKG Unhas Gelar Worksop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah dan Revisi RPS

FKG Unhas Gelar Worksop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah dan Revisi RPS

FKG Unhas Gelar Worksop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah dan Revisi RPS post thumbnail image

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) Kembali menyelenggarakan Workshop “Penyusunan Portofolio Mata Kuliah dan Revisi RPS”. Kegiatan berlangsung di Hotel Claro Makassar, Senin – Selasa (14-15 Maret 2022).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA ini menghadirkan pemateri yakni dr. Asty Amalia Nurhadi, M.Med.Ed. serta para fasilitator diantaranya Adam Malik Hamudeng, drg., M.Med.Ed., Acing Habibie Mude, drg., Ph.D., Sp.Pros., Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D., dan Rafikah Hasyim, drg., M.Biomed.

Kegiatan Workshop ini juga turut dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Ketua dan sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi serta para koordinator matakuliah Program S1, Profesi dan Spesialis pada lingkup FKG Unhas.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh Ketua Program Studi serta seluruh penanggung jawab mata kuliah yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di FKG Unhas.

“Penyusunan portofolio mata kuliah merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka proses peningkatan dan kualitas mutu pelaksanaan pembelajaran”, kata Prof. Ruslin

“Dengan adanya program penyusunan dokumen portofolio ini, akan memudahkan pengelola program studi dalam melengkapi persyaratan dokumen untuk kelengkapan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional”, jelasnya

“Semoga dengan kegiatan workshop ini dapat membangun kesadaran kolektif bagi semua koordinator mata kuliah dan seluruh tim mata kuliah betapa pentingnya dokumen portofilio ini”, harapnya

Pada kesempatan yang sama Ketua Dental Education Unit FKG Unhas (Irfan Sugianto, drg., M.MedEd., Ph.D) menjelaskan Portofolio memuat komponen – komponen evaluasi pembelajaran terkait jadwal pelaksanaan pembelajaran, hasil monitoring proses pembelajaran dan capaian hasil belajar mahasiswa.

“Portofolio mata kuliah merupakan dokumen akuntabilitas pelaksanaan pembelajaran yang digunakan sebagai dasar evaluasi proses pembelajaran dan rencana tindak lanjut perbaikan pada penyajian mata kuliah pada semester/tahun berikutnya”, lanjutnya

Nasyrah Hidayati, drg., Sp.Ort selaku Ketua Panitia penyelenggara mengatakan bahwa output kegiatan worksop ini yaitu portofolio mata kuliah semester awal 2021/2022 dan semester akhir 2021/2022 berbahasa Inggris.

Kegiatan selama dua hari ini berlangsung lancar dan ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Perancanaan, Keuangan dan Sumber Daya (Dr. Nurlindah Hamrun, drg., M.Kes).

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)