FKG UNHAS News Gelar Baksos Perawatan Gigi Tiruan, FKG Unhas dapat Bantuan Mobil Poli Gigi dari BSI

Gelar Baksos Perawatan Gigi Tiruan, FKG Unhas dapat Bantuan Mobil Poli Gigi dari BSI

Gelar Baksos Perawatan Gigi Tiruan, FKG Unhas dapat Bantuan Mobil Poli Gigi dari BSI post thumbnail image

Opening ceremony Bakti Sosial (Baksos) Perawatan Gigi Tiruan kepada 200 Kaum Dhuafa resmi dibuka. Kegiatan berlangsung di pelataran Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas), Jum’at (25/03).

FKG Unhas bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)., Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Sulselbar, serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas akan menggelar baksos Perawatan Gigi Tiruan yang diperuntukan untuk 200 Kaum Dhuafa.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 Wita dihadiri oleh Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) beserta jajarannya, Ketua PDGI Wilayah Sulselbar (Dr. drg. Asdar, M.Kes), Direktur RSGMP Unhas (drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K)., Dekan FKG UMI Makassar (Prof. drg., Moh Dharma Utama, Ph.D., Sp.Pros (K)., Regional CEO Regional XI Makassar BSI (Ficko Hardowiseto), Deputy Kepala Kanwil RO X Makassar (Latif Komaruddin), Manager Area RO X Laznas BSMU (Uzt. Ichwan Djufri) dan beberapa kepala Cabang BSI.

Nampak pada kegiatan ini, sebuah Mobil Poli Gigi yang merupakan bantuan dari pihak Laznas Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk menunjang kegiatan Baksos.

Mengawali kegiatan, drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) selaku ketua panitia melaporkan bahwa Bakti sosial ini akan di lakukan beberapa tahap yakni sekitar 4-5 kali kunjungan sampai tahap pemasangan gigitiruan.

“Kami sudah menjaring beberapa pasien yang sudah siap dipasangkan gigitiruan tanpa harus lagi dilakukan tindakan preprostetik (tindakan awal) yang menjadi salah satu syarat bahwa pasien sudah siap untuk di lakukan pencetakan awal”, kata drg. Irfan yang juga sebagai KPS PPDGS Prostodonsia

Dirinya menambahkan bahwa, kami juga akan mengusulkan kegiatan ini untuk mendapatkan penghargaan rekor MURI dengan melakukan pemasangan gigitiruan serentak di 200 pasien.

Ketua PDGI Wilayah Sulselbar. drg. Asdar mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BSI atas bantuannya sebuah mobil Poli Gigi yang sudah siap digunakan untuk memperlancar kegiatan Baksos.

“Insya Allah dengan hadirnya mobil poli gigi ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat semakin tinggi kualitasnya”, harapnya

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSGMP, drg. Tajrin mengatakan cukup lega dengan hadirnya mobil poli gigi ini.

“Anggapan masyarakat terkait baksos itu dilaksanakan di luar standar, baik standar sterilisasi maupun standar peralatan. Tetapi dengan hadirnya mobil ini, saya yakin dan percaya kita bisa menjawab bahwa baksos yang kita laksanakan itu standarnya sama dengan di Rumah sakit”, lanjutnya

Sementara itu, Regional CEO Regional XI Makassar BSI (Ficko Hardowiseto) mengungkapkan rasa bahagianya karena BSI bisa berpartisipasi dan menjadi bagian dari kegiatan yang mulia ini.

BSI bukan hanya hadir sebagai sahabat finansial tetapi BSI hadir juga hadir sebagai sahabat sosial dan sahabat spiritual.

“Hadirnya mobil poli gigi ini merupakan fungsi kami sebagai sahabat sosial”, tambahnya

“Semoga kegiatan ini menjadi sinergi yang baik antara BSI dengan PDGI serta FKG Unhas”, harap Ficko

Sambutan selanjutnya datang dari Dekan FKG Unhas, Prof Ruslin sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Dalam sambutannya Prof Ruslin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini karena dengan niat yang mulia kita bisa memberikan sumbangsih yang lebih bermanfaat kepada masyarakat.

“Kami dari FKG Unhas sangat mensuport kegiatan ini, karena ini sejalan dengan Unhas sebagai kampus Humaniversity, dimana Unhas selalu memberikan manfaat kepada masyarakat”, jelas Prof Ruslin

“Semoga kolaborasi yang kita lakukan ini memberikan manfaat kepada masyarakat dan menjadi amal jariyah dikehidupan selanjutnya”, harap Prof. Ruslin

“Terima kasih kepada seluruh panitia, telah menghadirkan kegiatan yang luar biasa ini”, tutupnya

Acara yang berlangsung hingga pukul 16.00 WITA ditutup dengan penandatanganan MoU antara FKG Unhas, PDGI Wilayah Sulselbar dengan BSI tentang pengelolaan zakat profesi oleh Lembaga Amil Zakat Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU).

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)