FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka reakreditasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Molar, FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (28/3).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes yakni: Prof. drg. Sondang Pintauli, Ph.D., FISDPH.FISPD dan Dr. drg. Yanti Rusyanti, M.Kes., Sp. Perio (K).

Mengawali kegiatan, Dr. drg. Yanti Rusyanti, M.Kes., Sp. Perio (K)., dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan visitasi lapangan. Sebagai asesor dirinya bertugas melihat perkembangan dan kesesuaian kriteria dari PPDGS Periodonsia FKG Unhas.

“Pelaksanaan visitasi asesmen lapangan ini bukan untuk menilai kekurangan atau baik buruknya prodi, tetapi menggambarkan bahwa ada posisi eksternal yang harus melihat perkembangan PPDGS Periodonsia FKG Unhas. Dengan itu, kami akan memberikan beberapa masukan bagi pengembangan kurikulum pendidikan di FKG Unhas” jelas, drg. Yanti.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FKG Unhas Prof. Ruslin menyampaikan bahwa kehadiran tim asesor secara langsung ke FKG Unhas merupakan kesempatan yang berharga.

“Kami berharap visitasi tidak lagi dilakukan secara online. Kami merasa lebih maksimal jika dilaksanakan secara luring seperti hari ini, sehingga data dan informasi yang dibutuhkan oleh tim asesor dapat diterima dengan lebih cepat dan akurat sesuai dengan kondisi di lapangan,” jelas Prof. Ruslin.

Lebih lanjut, Prof. Ruslin menyampaikan bahwa pelaksanaan visitasi ini merupakan salah satu usaha FKG Unhas untuk menerima saran dan masukan, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan sebagai sumbangsih dalam peningkatan pelayanan kesehatan gigi di masyarakat, khususnya pada bidang Dokter Gigi Spesialis Periodonsia.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan visitasi ini.

“Terima kasih atas kerja keras dan keseriusan untuk mempersipakan diri dalam akreditasi ini, sehingga kita mendapat dukungan dari LAM-PTKes dengan menghadirkan asesor unggul. Kita harapkan adanya rekomendasi dan masukan yang sangat penting bagi pengembangan PPDGS Periodonsia FKG Unhas untuk meningkatkan kualitas yang berkesinambungan dengan meningkatnya kebutuhan akan dokter gigi spesialis”, kata Prof. Dwia.

Pembukaan Visitasi LAM-PTKes di FKG Unhas berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita.

Selanjutnya pemaparan dari Ketua Program Studi PPDGS Periodonsia (Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio(K) kemudian dilanjutkan dengan pengecekan dokumen serta peninjauan fasilitas di PPDGS Periodonsia FKG Unhas oleh para asesor.

Proses visitasi dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 30 maret 2022.