FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka reakreditasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Molar, FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (26/4).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes yakni: Prof. Dr. drg. Indah Listiana Kriswandini, M.Kes dari Universitas Airlangga, Surabaya dan
Dr. drg. Dahlia Herawati SU., Sp. Perio (K)., dari Universitas Gadja Mada, Jogyakarta.

Mengawali kegiatan, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyambut hangat para asesor yang melakukan visitasi. Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa akreditasi seperti ini merupakan hal yang sangat dinantikan, karena menjadi bagian dari upaya meningkatkan dan mempertahankan kualitas mutu pendidikan yang dilakukan oleh program studi.

“Di Unhas kita selalu memiliki program strategis dalam rangka peningkatan kualitas untuk menjamin mutu secara berkelanjutan. Kita lakukan dengan dua skema yakni secara internal untuk seluruh jenjang pendidikan dan eksternal dalam bentuk akreditasi baik melalui BAN-PT atau LAM-PTKes,” jelas Prof. Restu

Prof Restu juga menuturkan, bahwa kami sangat mendukung apa yang dikembangkan oleh FKG unhas, karena kami tahu FKG Unhas memiliki potensi yang sangat besar, dari segi SDM maupun dari pengembangan program studinya, baik itu dari Prodi Spesialis, vokasi, Magister maupun Program Doktor.

Dirinya menambahkan, bahwa kami juga mengapresiasi FKG Unhas dalam beberapa tahun terkahir ini, dengan tingginya peminat yang ingin kuliah di FKG Unhas.

“Prodi PPDGS Prostodonsia sudah berumur kurang lebih 12 tahun dan sudah menghasilkan lulusan yang begitu banyak. Prodi ini juga sudah terkareditasi A sebelumnya”, tambah Prof Restu

“Semoga pelaksanaan akreditasi ini berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan hasil yang maksimal”, harapnya

Mewakili tim asesor, Prof. Dr. drg. Indah Listiana Kriswandini, M.Kes mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang begitu meriah. Beliau mengatakan, proses visitasi perlu dilakukan untuk menjamin keberlanjutan prodi. Hasil visitasi nantinya akan disampaikan kepada LAM-PTKes untuk dilakukan analisis dan validasi sebelum memberikan hasil assesmen.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Unhas mengucapkan selamat datang kepada para asesor.

Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan visitasi ini merupakan salah satu usaha FKG Unhas untuk menerima saran dan masukan, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan sebagai sumbangsih dalam peningkatan pelayanan kesehatan gigi di masyarakat, khususnya pada bidang Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia.

Prof Ruslin juga memaparkan capaian FKG Unhas dalam 3 (tiga) tahun terakhir.

Pembukaan Visitasi LAM-PTKes di FKG Unhas berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita.

Selanjutnya pemaparan dari Ketua Program Studi PPDGS Prostodonsia (Irfan Dammar, drg., Sp.Pros (K) kemudian dilanjutkan dengan pengecekan dokumen serta peninjauan fasilitas di PPDGS Prostodonsia FKG Unhas oleh para asesor.

Proses visitasi berjalan lancar hingga tanggal 28 April 2022.

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)