FKG UNHAS News Empat Prodi FKG Unhas Divisitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Empat Prodi FKG Unhas Divisitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Empat Prodi FKG Unhas Divisitasi Akreditasi Internasional ASIIN post thumbnail image

Lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) menyelenggarakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap empat Program Studi (Prodi) di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas).

ASIIN merupakan lembaga akreditasi yang berpusat di Jerman yang sangat kredibel dan prestisius. Lembaga akreditasi pendidikan tinggi ini juga telah dikenal luas oleh komunitas pendidikan internasional.

Adapun empat (4) prodi yang menjalani proses visitasi yakni:
1. Prodi Pendidikan Dokter Gigi
2. Prodi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia
3. Prodi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia
4. Prodi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Konservasi Gigi

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (24/5).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), Senat Akademik, Dewan Profesor, para Wakil Rektor, dan Para Dekan serta Direktur di lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas pelaksanaan proses asesmen akreditasi internasional yang kembali dilakukan di Universitas Hasanuddin. Beliau menuturkan proses ini merupakan kesempatan baik bagi Unhas untuk menunjukkan kualitas dan potensi dalam menjalankan pendidikan.

“Pelaksanaan akreditasi diperlukan sebagai standar untuk menjamin mutu setiap program studi. Dengan meningkatkan status akreditasi internasional yang dimiliki Unhas menjadi upaya dan komitmen kita menuju World Class University,” kata Prof. JJ.

Lebih lanjut, Prof. JJ menuturkan peningkatan kualitas mutu pendidikan Unhas sejalan dengan arah kebijakan dan strategi universitas melalui visi dan misi. Pemenuhan kualifikasi dan kompetensi dosen serta prestasi mahasiswa juga menjadi peran penting dalam setiap capaian universitas menjalankan tridarma perguruan tinggi.

“Fakultas Kedokteran Gigi Unhas menjadi salah satu fakultas favorit dan membanggakan dengan menghadirkan fasilitas pendidikan terbaik di setiap program studinya, sehingga mampu menghasilkan lulusan dokter gigi dengan wawasan dan keterampilan yang memenuhi standar nasional hingga internasional,” jelas Prof. JJ.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para asesor ASIIN. Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran, fasilitas sarana prasarana serta capaian Unhas dalam berbagai hal.

Adapun lima asesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi, yaitu:

  1. Paulina Petracenko
  2. Jentsch
  3. Thomas Koch
  4. Darmawan Setijanto
  5. Darin Rinaldi

Sementara itu Dekan FKG Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), yang kami temui menyampaikan, Alhamdulillah empat prodi di FKG Unhas divisitasi oleh akreditasi Internasional, ASIIN.

Sebelumnya Prodi Pendidikan Dokter Gigi telah memperoleh Akreditasi Unggul oleh Lamptkes dan tersertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). PPDGS Prostodonsia dan PPDGS Periodonsia juga telah terkareditasi Unggul oleh LAMPTKes.

Dirinya menambahkan, PPDGS Konservasi Gigi meraih akreditas B. Saat ini sedang dipersiapkan untuk reakreditasi LAMPTKes dan ditargetkan juga dapat meraih Akreditasi Unggul.

Prof Ruslin juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Task Force baik dari Universitas maupun dari FKG Unhas dan berharap semoga usaha ini memudahkan empat Prodi tersebut memenuhi kriteria ASIIN”, harapnya

Pembukaan asesmen ASIIN berlangsung lancar hingga pukul 16.30 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen pada Fakultas Kedokteran Gigi. Proses asesmen berlangsung hingga Kamis (26/5).