FKG UNHAS News Rombongan FKG Unhas bersama Baznas Berau Bersilaturahmi ke Bupati Berau Kaltim

Rombongan FKG Unhas bersama Baznas Berau Bersilaturahmi ke Bupati Berau Kaltim

Rombongan FKG Unhas bersama Baznas Berau Bersilaturahmi ke Bupati Berau Kaltim post thumbnail image

Dalam rangka Pra Launching Rumah Sehat Baznas (RSB) Kab. Berau, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama dengan Baznas Kab. Berau, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI), Yayasan Celebes Cleft Center (CCC), serta beberapa Organisasi Profesi; Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), bersilaturahmi dengan Bupati Kab. Berau, Ibu Sri Juniarsih Mas, M.Pd.

Pertemuan berlangsung di Ruang VIP Bandara Kalimarau Berau, Kalimantan Timur, Senin (30/5).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas Program Berau Sehat dan keberlanjutan kegiatan “Berau Dentistry Social Care IV”, dimana Baznas Kab. Berau sebagai pihak Penyelanggara pelaksanaan Operasi Celah Bibir dan Lelangit yang ke –IV.

Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menjelaskan bahwa bibir sumbing dalam jangka panjang dapat membuat loss generasi karena asupan nutrisi yang masuk terhalang dengan adanya bentuk dari bibir dan mulut yang tidak sempurna.

FKG Unhas sangat mengapresiasi pelaksanaan Operasi Operasi Celah Bibir dan Lelangit yang berlangsung pada tanggal 29 – 30 Mei 2022 di RSUD dr. Abdul Rivai, Kab. Berau.

“FKG Unhas akan selalu mensuport pelaksanaan kegiatan Operasi Celah Bibir dan Lelangit berikutnya di Kab. Berau, dengan mengirimkan SDM yang akan langsung mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut”, kata Prof Ruslin

Prof Ruslin juga menyinggung dengan hadirnya Rumah Sehat Baznas (RSB).

“Pelayanan paripurna yang diberikan kepada pasien, Insya Allah segera terwujud dengan hadirnya Rumah Sehat Baznas (RSB) di Kab. Berau”, lanjutnya

Senada dengan hal tersebut di atas, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI), Andi Tajrin, drg, M.Kes., Sp.BM (K) mengatakan bahwa kolaborasi ini sistem afirmasi yang nanti dikuatkan dengan MoU, maka pihak kami akan mengirimkan residen dan dokter gigi spesialis dari Makasssar untuk mendukung kegiatan Operasi Celah Bibir dan Lelangit.

“Melalui Rumah Sehat Baznas, diharapkan menjadi pilot project nasional untuk penanganan masalah gigi dan mulut, karena dari 13 Puskesmas yang ada di Berau, pasien gigi dan mulutnya selalu dirujuk ke RSGM di Tanjung Redeb”, harap drg. drg. Tajrin yang juga sebagai Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas,

Sementara itu, Bupati Kab. Berau Sri Juniarsih Mas, M.Pd sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan Bakti Sosial operasi celah bibir dan lelangit di RSUD dr. Abdul Rivai, Kab. Berau.

Beliau berharap kegiatan seperti ini tidak hanya tindakan operasi saja tetapi para dokter gigi dapat memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya asupan nutrisi pada ibu hamil untuk mencegah kasus stunting.

Turut hadir pula Ketua Baznas Berau (Busransyah .S.Pd.I)., Anggota Majelis Wali Amanat Unhas yang juga Guru Besar di FKG Unhas (Prof. Dr. Bahruddin Talib, drg, M.Kes., Sp.Pros(K)., Wakil Direktur RSGMP Unhas (Adam Malik Hamudeng, drg., M.MedEd)., Ketua Departemen Radiologi Kedokteran Gigi FKG Unhas (Irfan Sugianto, drg., M.MedEd., Ph.D)., staf dosen Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas (Mukhtar Nur Anam, drg., Sp.BM) serta para residen FKG Unhas.

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)