FKG UNHAS News KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi FKG Unhas

KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi FKG Unhas

KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi FKG Unhas post thumbnail image

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Indonesia melakukan visitasi pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung di Ruang Molar mulai pukul 09.00 WITA, Rabu (01/06).

Turut hadir Mewakili Rektor Unhas, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun tim dari KKI yakni Ketua Konsil Kedokteran Gigi (Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO)., Ketua Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi (drg. Achmad Syukrul Amin, MM) dan Anggota Divisi Pendidikan Kedokteran Gigi (drg. Nadhyanto, Sp.Pros).

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyambut hangat para tim KKI yang melakukan visitasi di FKG Unhas.

“Pimpinan Unhas sangat merespon positif dan memberikan dukungan yang penuh kepada FKG Unhas untuk melakukan upaya-upaya peningkatan dan pengembangan di FKG Unhas”, kata Prof Restu

Prof Restu menjelaskan bahwa Fkg Unhas merupakan salah satu fakultas yang memberi kontribusi yang besar bagi kemajauan Unhas saat ini.

Lebih lanjut, Prof Restu menambahkan bahwa perkembangan Prodi di FKG Unhas ini sangat besar sekali. Dalam kurun empat tahun, FKG Unhas telah membuka empat prodi spesialis. Ini merupakan upaya dari FKG Unhas untuk mengembangkan berbagai pendidikan spesialis yang ada di Unhas.

Pengembangan prodi pada tingkat spesialis, magister, maupun doktor merupakan bentuk keterlibatan dan peran Unhas untuk bersama-sama mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas baik skala lokal, nasional maupun internasional.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas Prof. Ruslin, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesedian Tim dari KKI untuk melakukan visitasi di FKG Unhas. Dirinya juga menjelaskan secara umum kesiapan FKG Unhas dalam menghadirkan prodi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi.

“Sebagai penyelenggara pendidikan, para pimpinan Unhas selalu memberikan motivasi yang luar biasa kepada kami terkait pengembangan Prodi di FKG Unhas serta yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang handal”, kata Prof Ruslin

“Ada delapan ilmu dalam program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis, dan FKG Unhas menjadi salah satu Institusi Penyelenggara Pendidikan yang terlengkap dalam bidang ilmu Pendidikan Dokter Gigi Spesialisnya. Pembukaan prodi-prodi ini untuk memperlihatkan eksistensi profesi dokter gigi,” lanjut Prof Ruslin.

Prof Ruslin juga mengharapkan dukungan dari KKI untuk pembukaan dan pengembangan PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi serta pengembangan Prodi lainnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas (Andi Tajrin, drg, M.Kes., Sp.BM (K) menyampaikan dukungan untuk pelaksanaan studi PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi di RSGMP Unhas.

“RSGMP Unhas saat ini melakukan operasi tiga sampai lima pasien dalam sehari, sehingga peran radiologi di RSGMP Unhas sangat penting dan sangat dibutuhkan”, kata drg. tajrin

Pada kesempatan yang sama, Ketua Konsil Kedokteran Gigi, Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO., dalam sambutannya memaparkan tentang tugas dan fungsi KKI.

Entitas ini bertanggungjawab dalam standarisasi kedokteran gigi untuk menghasilkan luaran yang sesuai kompetensi. Kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang positif, baik bagi Unhas maupun bagi dunia kedokteran gigi dalam rangka menghadapi pesaingan yang semakin ketat kedepannya”, tutup Prof Melanie

Proses visitasi dijadwalkan akan berlangsung hingga Kamis, 2 Juni 2022.

Laporan: Majid Asinu (Humas FKG Unhas)