FKG UNHAS News FKG Unhas Kolaborasi dengan PDGI Makassar, BSI dan Laznas BSMU Pecahkan Rekor MURI, Pasang Gigi Tiruan ke Ratusan Pasien

FKG Unhas Kolaborasi dengan PDGI Makassar, BSI dan Laznas BSMU Pecahkan Rekor MURI, Pasang Gigi Tiruan ke Ratusan Pasien

FKG Unhas Kolaborasi dengan PDGI Makassar, BSI dan Laznas BSMU Pecahkan Rekor MURI, Pasang Gigi Tiruan ke Ratusan Pasien post thumbnail image

Bakti Sosial (baksos) yang diselenggakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil memecahkan rekor Pemasangan Gigi Tiruan Serentak kepada 223 pasien dari Museum Rekor Indonesia (MURI) di JK Arenatorium Unhas, Sabtu (4/6).

Pada kegiatan ini, FKG Unhas berkolaborasi dengan PDGI Cabang Makassar, Bank Syariah Indonesia (BSI) serta Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU).

Turut hadir pada kegiatan ini, Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir, Jamaluddin Jompa, M.Sc), Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel (Dr. Bahtiar Baso, M.Kes), Direktur Laznas BSMU (Ilham Syahputra), Pimpinan Regional CEO Regional XI Makassar BSI (Ficko Hardowiseto), Perwakilan Rekor MURI (BapakTriyono), Ketua PDGI Wilayah Sulselbar (Dr. drg. Asdar Gani, M.Kes), Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Makassar (drg. Andri Anwar, M.Kes), Ketua IPROSI Cabang Makassar (drg, Rahmat, Sp.Pros), para staf dosen beserta sivitas akademika FKG Unhas.

Kegiatan ini mengangkat tema “Satu Langkah Kecil dengan Kepedulian yang Besar. Tema ini tentunya sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup pada lansia. Dengan pemasangan gigitiruan, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi karena sistem penguyahan berfungsi kembali secara normal.

drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini telah launching pada tanggal 22 Maret 2022 dan berlanjut ke Penjaringan Pasien, Pencetakan, Pemasangan Sementara serta Pemasangan Tetap secara serentak pada hari ini.

Pasien yang mendapatkan layanan adalah masyarakat yang kurang mampu dan berasal dari berbagai puskesmas di Kota Makassar serta satu Puskesmas dari Kab. Takalar, diantaranya:
1. Puskesmas Mangasa 34 orang pasien,
2. Puskesmas Sudiang 59 pasien,
3. Puskesmas andalas 26 Pasien,
4. Puskesmas Panaikang 19 pasien,
5. Puskesmas Minasa Upa 36 Pasien dan
6. Puskesmas Bontokassi Kab. Takalar 49 Pasien.

drg. Irfan Dammar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSI dan Laznas BSMU yang menjadi sponsor utama serta dari GSK yang turut mendukung terlaksananya kegiatan ini. Dirinya berharap semoga kedepannya, para pihak sponsor tetap bermitra serta mendukung kegiatan pengabdian di Unhas.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Kegiatan ini merupakan bukti nyata untuk memberikan sumbangsih yang lebih bermanfaat kepada masyarakat.

“Sejak awal, FKG Unhas sangat mensuport kegiatan ini, disamping sebagai bentuk kegiatan pengabdian tri dharma perguruan tinggi, kegiatan ini juga sejalan dengan Unhas sebagai Kampus Humaniversity, dimana Unhas selalu memberikan manfaat kepada masyarakat”, jelas Prof Ruslin

Pada kesemptan yang sama, Senior Manager MURI, Triyono mengapresiasi pihak FKG Unhas yang telah berhasil memecahkan rekor.

“Kami memberikan apresiasi dan semoga kegiatan ini memberikan inspirasi bagi masyakarat agar berkreasi dan memberikan manfaat seluas-luasnya,” ujarnya.

Triyono berharap FKG Unhas terus menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyakarat serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka.

Laporan: Abdul Majid Asinu (Humas FKG Unhas)