FKG UNHAS News Menyambut HUT Bhayangkara ke-76, FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon

Menyambut HUT Bhayangkara ke-76, FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon

Menyambut HUT Bhayangkara ke-76, FKG Unhas Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit di Kota Ambon post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Polda Maluku, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI), Yayasan Smile Train Indonesia serta Yayasan Celebes Cleft Center (CCC) menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Celah Bibir dan Lelangit Gratis di Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara, Kota Ambon, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan ini merupakan Bhakti Kesehatan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Ditahun 2022, ini kali kedua FKG Unhas melaksanakan kegiatan yang sama di Kota Ambon. Sebelumnya, pada bulan Maret kami melaksanakan operasi Operasi Celah Bibir dan Lelangit di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo Kota Ambon”, ucap Prof Ruslin

Prof Ruslin juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum., Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Ambon, Kompol dr. Chandra Tanoeisan Sp.KFR., Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Maluku, Kombes Pol drg. Subur, MH serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kesatas support dan dukungannya pada kegiatan baksos kali ini.

Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K) selaku ketua PABMI yang juga sebagai Dewan Pakar PB PDGI menyampaikan bahwa operasi bibir sumbing dan lelangit dalam rangka HUT Bayangkara tahun ini dilaksanakan di seluruh RS Bayangkara di Indonesia.

Direktur RSGMP Unhas ini menambahkan, bahwa baksos ini akan selalu dilaksanakan setiap tahunya oleh PABMI dan akan bekerjasama dengan PDGI setempat baik Wilayah maupun Cabang, sehingga pelibatan dokter gigi dalam penaganan pasien celah bibir dan langit-langit (CBL) sebagai bagian dari pengabdian masyarakat dapat tercapai.

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif, berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat, khususnya yang kurang mampu.

Dirinya menambahkan, Polda Maluku akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk pelayanan kesehatan bagi warga yang kurang mampu.

Pada baksos kali ini, 40 pasien operasi bibir sumbing yang di screening dan hanya terdapat 31 pasien yang memenuhi syarat untuk menjalani operasi.

Tim Bedah mulut dari FKG Unhas yang hadir diantaranya: Prof. drg. Muhammad Ruslin., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., drg. Yossy Yoanita Sp.BM (K)., drg. Nurwahida., Sp.BM (K)., dr. Ahmad Nur Islam., Sp.An dan dr. Ardiansyah Sirajudin., Sp. An.

Sementara tim Bedah Mulut dari Ambon yakni drg. R. Hari Triwijaya., Sp.BM., drg. Florence Manuputty, Sp.BM., drg. Melissa Ruth, Sp.BM., drg. Destiana, Sp.BM dan drg. Linggar Sukaringtyas, Sp.BM

Laporan : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)