FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Prodi PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka akreditasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Bedah Mulut dan Maksilofasial pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita secara luring di Ruang Molar, FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (16/06).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes yakni drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes., Sp.KG(K)., Ph.D., dan Dr. drg. Eha Renwi Astuti, M.Kes., Sp.RKG(K).

Mengawali kegiatan, Prof. Ruslin dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas kedatangan para assesor. Dirinya mengatakan, FKG Unhas memaknai proses seperti ini untuk memperlihatkan komitmen dalam menjaga mutu dan kualitas pembelajaran.

“Visitasi merupakan bagian penting untuk melihat dan menjamin mutu eksternal. Berbagai langkah proaktif kami maksimalkan untuk menghadirkan proses pembelajaran berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kami akan terus melakukan upaya pembenahan berkelanjutan dengan harapan menghasilkan SDM berkualitas,” jelas Prof. Ruslin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ memberikan apresiasi tinggi atas upaya FKG untuk terus melakukan pembenahan. Proses visitasi bukan hanya hadir sebagai ruang penilaian. Akan tetapi, menjadi forum kolaborasi dan diskusi guna menghasilkan proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut, Prof. JJ mengatakan Unhas memiliki program strategis dalam rangka peningkatan kualitas untuk menjamin mutu secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan dengan dua skema yakni secara internal untuk seluruh jenjang pendidikan, dan eksternal dalam bentuk akreditasi baik melalui BAN-PT atau LAM-PTKes. Harapannya, Unhas bisa mempertahankan kualitas dan memperkuat kehadirannya bukan hanya bagi Indonesia Timur, tapi Indonesia secara umum.

“Penjaminan mutu secara eksternal diharapkan dapat memberikan wawasan baru untuk pengembangan prodi sebagai potret mengoptimalkan berbagai bidang. Hasil penjaminan mutu eksternal menjadi acuan untuk melaksanakan proses pembelajaran berkualitas. Unhas akan terus melakukan pembenahan dalam berbagai aspek, salah satunya dalam hal akademik melalui program akreditasi,” jelas Prof. JJ.

Mewakili tim assesor, drg. Diatri mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat para sivitas akademika FKG Unhas. Beliau mengatakan, proses visitasi perlu dilakukan untuk menjamin keberlanjutan prodi melalui penilaian dalam banyak aspek. Hasil visitasi nantinya akan disampaikan kepada LAM-PTKes untuk dilakukan analisis dan validasi sebelum memberikan hasil assesmen.

PDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas merupakan yang pertama di luar Pulau Jawa. Prodi ini terbentuk pada 14 Agustus 2018 lalu dengan desain kurikulum terbaru 8 semester. PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial memiliki fasilitas pembelajaran memadai dengan kualitas tenaga pengajar unggul.

Proses visitasi LAM-PTKes untuk Prodi PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas dijadwalkan akan berlangsung hingga Jum’at (17/06).