FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi Asesmen Lapangan Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring di Ruang Molar, FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (4/7).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai Tim Asesor LAM-PTKes yakni Prof. Dr. drg. Titiek Berniyanti., M.Kes FISDPH., FISPD dari Unair., Prof. Dr. drg. Regina TC. Tandelilin, M.Sc dari UGM dan Dr. drg. Haris Nasutianto, M.Kes., Sp.RKG (K) dari Univ. Mahasaraswati, Depansar.

Mengawali kegiatan, Prof Ruslin dalam sambutannnya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para asesor atas waktu dan kesempatan yang telah disiapkan untuk bersedia datang ke FKG Unhas. Kehadiran tim asesor merupakan kesempatan yang sangat berharga, karena selalu memberikan masukan-masukan ke FKG Unhas dalam rangka peningkatan mutu di FKG Unhas khususnya bagi Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi.

Sebagai pimpinan, tantangan FKG Unhas ke depannya pasti sangat berat. Kami senantiasa ingin terus menerima masukan-masukan serta perbaikan-perbaikan untuk proses penyelenggarakaan pendidikan yang lebih baik kedepannya. Pendidikan yang baik sudah tentu akan menghasilkan lulusan yang berkualitas guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Prof Ruslin juga mengupcakna trima kasih banyak kepada tim Task Force akreditasi prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi yang sangat luar biasa dalam mempersiapkan akreditasi kali ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik yang mewakili Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP menyambut hangat dan mengucapkan selamat datang kepada para Asesor.

“Pimpinan Unhas selalu memberikan dukungan yang penuh kepada prodi-prodi untuk untuk melakukan upaya-upaya peningkatan dan pengembangan, salah satunya melalui akreditasi baik akreditasi minimal atau reakreditasi. Kedatangan asesor ini adalah proses penjaminan mutu eksternal yang sangat kita butuhkan walaupun secara internal telah kita lakukan baik pada level Universitas, Fakultas maupun Departemen,” jelas Prof Restu

Lebih lanjut, Prof. Restu mengatakan penjaminan mutu secara eksternal akan banyak memberikan wawasan baru untuk pengembangan prodi. Hasil penjaminan mutu eksternal menjadi acuan untuk melaksanakan proses pembelajaran berkualitas.

“Di Unhas kita selalu memiliki program strategis dalam rangka peningkatan kualitas untuk menjamin mutu secara berkelanjutan. Kita lakukan dengan dua skema yakni secara internal untuk seluruh jenjang pendidikan dan eksternal dalam bentuk akreditasi baik melalui BAN-PT atau LAM-PTKes,” tambahnya.

Mewakil tim asesor, Prof. Dr. drg. Titiek Berniyanti dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan visitasi lapangan pada Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi yang mana sebelumnya dilakukan secara daring.

Pembukaan Visitasi LAM-PTKes di FKG Unhas berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita.

Selanjutnya pemaparan dari Ketua Prodi Profesi Dokter Gigi (Baharuddin M Ranggang, drg., Sp.Ort) kemudian dilanjutkan dengan pengecekan dokumen-dokumen serta peninjauan fasilitas

Proses visitasi berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2022.

Laporan: Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)