FKG UNHAS News FKG UI Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas

FKG UI Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas

FKG UI Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas post thumbnail image

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima kunjungan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Universitas Indonesia (UI) yang dipimpin oleh Guru Besar Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI (Prof. Dr. drg. Benny S. Latief, Sp.BM(K).

Turut hadir mendampingi diantaranya Kepala Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI (Dr. drg. Lilies Dwi Sulistyani, Sp.BM(K)., KPS PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI (Dr. drg. Vera Julia, Sp.BM (K)., dan Direktur RSGM UI (drg. Yudy Ardilla Utomo, Sp.BM(K).

Kegiatan berlangsung secara luring di FKG Unhas, pada pukul 15.00 WITA, Selasa (23/08).

Ketua Program Studi (KPS) PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial, Andi tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K) mengucapkan selamat datang kepada rombongan FKG UI.

Dirinya menjelaskan bahwa tujuan kedatangan rombongan FKG UI ke FKG Unhas yakni untuk pendampingan peserta Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI yang akan mengikuti stase kepaniteraan klinik di FKG Unhas terutama pada pendalaman Bidang Kongenital khususnya Pada Bidang Celah Bibir dan Lelangit.

Selain itu, evaluasi dan pemutakhiran kurikulum pendidikan Program Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI yang sesuai dengan regulasi nasional Permenristek Dikti tentang Pendidikan Kedokteran tahun 2018 dan Keputusan Konsil Kedokteran Indonesia tentang Standar Profesi Pendidikan Bedah Mulut dan Maksilofasial yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Prodi Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas dengan 4 tahun atau 8 semester.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan FKG Unhas yang telah memberikan dukungan dan support untuk menerima tamu dari PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial.

Dekan FKG Unhas, Prof. Dr. Edy Machmud, drg., Sp.Pros(K) juga mengucapkan selamat datang kepada rombongan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI.

“Bagi kami, ini tidak dikatakan sebagai studi banding, tetapi lebih ke arah diskusi untuk membicarakan hal-hal yang penting untuk perkembangan Bedah Mulut dan Maksilofasial kedepannya”, kata Prof Edy.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas yang juga sebagai Ketua Kolegium Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K)., beliau menyampaikan permohonan maaf, yang seharusnya bisa hadir secara langsung, tetapi karena adanya tugas ke Jakarta untuk mewakili Rektor Unhas untuk bertemu dengan Dirjen Vokasi.

Prof Ruslin juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bukti nyata, adanya hubungan yang telah terjalin antara FKG Unhas dan FKG UI dalam Pengembangan dan Pendidikan Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial.

Sebagai Ketua Kolegium, kami sangat mensupport dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga hubungan dan pendampingan ini terus ditingkatkan dalam menghasilkan inovasi sistem tatalaksana dan pendidikan Bedah Mulut dan Maksilofasial sesuai dengan perkembangan zaman.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)