FKG – UNHAS News FKG dan RSGM UGM Yogyakarta Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas

FKG dan RSGM UGM Yogyakarta Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas

FKG dan RSGM UGM Yogyakarta Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dibahas post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UGM Prof. Soedomo melakukan studi banding di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Kamis (15/12).

Rombongan dari FKG UGM Yogyakarta dipimpin langsung oleh Dekan (drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D) dan didamping oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan (drg. Rosa Amalia, M.Kes.., Ph.D., Wakil Dekan Keuangan, Aset, dan SDM (drg. Margareta Rinastiti, M.Kes., Sp.KG(K)., Ph.D)., KPS Profesi Dokter Gigi (Dr. drg. Rurie Ratna Shantiningsih, MDSc)., KPS S1 Pendidikan Dokter Gigi (Dr. drg. Rini Widyaningrum, M.Biotech)., KPS Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Dr. drg. Indra Bramanti, Sp.,KGA., MSc)., dan KPS Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial (drg. Cahya Yustisia Hasan, Sp.BM.(K).

Dalam rombongan hadir juga, Direktur RSGM Prof Soedomo (Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK)., Wadir Pelayanan, Pendidikan, dan Penelitian (Dr. drg. Titik Ismiyati, M.S., Sp.Pros.(K)., dan Koordinasi Pendidikan Koass (drg Dian Permata Sari, M.Biotech).

Turut hadir pula, Kepala Kantor Administrasi (Wulansari, SS) dan Sekretaris pimpinan (Wisnu Budi Ardianto, SE).

Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKG Unhas, Prof. Dr. Edy Machmud, drg., Sp.Pros (K). Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan FKG UGM dan RSGM Prof Soedomo UGM yang telah memilih FKG Unhas menjadi tujuan studi bandingnya.

Secara kelembagaan, antara FKG unhas dan FKG UGM memiliki kedekatan yang sangat luar biasa.

Hal-hal yang perlu dikembangkan kedepan terkait kegiatan tri darma perguruan tinggi akan menjadi kolaborasi diantara kedua FKG ini.

“Semoga kami dapat menyampaikan dan memberikan dengan baik apa yang menjadi keinginan FKG dan RSGM UGM baik itu terkait akreditasi internasional dan pengelolaan Rumah Sakit”, harap Prof Edy

Pada kesempatan tersebut, Dekan FKG UGM, drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D mengatakan bahwa ini kali ke lima saya berkunjung ke FKG Unhas. Kehadiran kami di sini sebagai bentuk kunjungan balik dalam rangka silaturahim serta mempererat tali persaudaraan.

“Kenapa kami memilih FKG Unhas, karena FKG Unhas itu saudara mudanya FKG UGM. Walaupun muda tetapi FKG Unhas sangat produktif. Ini salah satu kebanggaan yang sangat luar biasa”, ucap drg. Suryono

“Walaupun muda, tetapi FKG Unhas sangat produktif dan mendunia. Ini akan menjadi suntikan energy bagi kami”, lanjutnya

“Kami sangat berharap dari pertemuan ini, banyak hal yang bisa saling bertukar terutama dalam hal Akreditasi Internasional, pengelolaan Rumah Sakit serta pengelolaan mahasiswa Mahasiswa Tidak Tepat Waktu (MTTW)”, harapnya

Sementara itu, Diretur RSGM UGM, Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kemajuan di RSGMP Unhas.

“Ada beberapa hal yang sangat menarik dan manjadi unggulan yang ini kami pelajari di RSGMP Unhas, diantaranya mahasiswa koass dibebaskan dari biaya mencari pasien, RSGMP Unhas menggratiskan seluruh mahasiswa Unhas serta terkait BPJS di RSGMP Unhas.

drg. Julita yang juga sebagai Ketua Asosiasi RSGMP Indonesia menjelaskan, dari 32 RSGMP di Indonesia, hanya RSGMP Unhas yang menggratiskan biaya tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi, kemudian tim dari FKG dan RSGM UGM diajak untuk berkunjung ke RSGMP Unhas.

Turut hadir pula para Wakil Dekan, para Guru Besar Ketua Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Departemen, Para Ketua Program Studi, para staf dosen serta sivitas akademika FKG Unhas.

Kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 15 Juli 2022, FKG Unhas melakukan studi banding ke FKG UGM.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)