FKG UNHAS News Mahasiswa FKG Unhas Ikut Virtual Student Exchange 2023 dengan Kampus Ternama di Jepang

Mahasiswa FKG Unhas Ikut Virtual Student Exchange 2023 dengan Kampus Ternama di Jepang

Mahasiswa FKG Unhas Ikut Virtual Student Exchange 2023 dengan Kampus Ternama di Jepang post thumbnail image

Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan dan Universitas Okayama, Jepang menyelenggarakan Virtual Student Exchange 2023. Kegiatan berlangsung pukul 15.30 Wita melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (11/04).

Program ini akan berlangsung dari bulan April hingga Juli 2023. Peserta pertukaran pelajar adalah mahasiswa dalam rumpun kesehatan dari berbagai fakultas yang terpilih mengikuti program sebanyak 33 orang, diantaranya mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas. Peserta lainnya datang dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas. Sementara Universitas Okayama dari Fakultas Keperawatan, Teknologi Radiasi, dan Teknologi Kesehatan. Pada bulan September 2023 dijadwalkan untuk kunjungan ke Universitas Hasanuddin.

Dekan FKG Unhas, drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D yang juga sebagai salah seorang tutor pada program tersebut menjelaskan bahwa tujuan program ini yakni agar terjalin pertukaran informasi dan wawasan sehingga mahasiswa dapat saling memahami perbedaan budaya, pola hidup, latar belakang pendidikan dari dua negara tersebut.

Dirinya berharap agar kesempatan ini dipergunakan semaksimal mungkin oleh mahasiswa dengan berdiskusi, berbagi informasi, serta mampu membangun kerjasama antar mahasiswa dalam rumpun kesehatan.

“Semoga tidak hanya pada program ini saja, tetapi kerjasama dapat berlanjut ke aspek pendidikan hingga aspek penelitian”, tutup drg. Irfan

Pada kesempatan yang sama, Prof Kuroda memaparkan bahwa grup yang sudah terbentuk akan saling berdiskusi selama empat belas kali pertemuan, dengan topik yang berbeda-beda.

“Pertemuan pertama akan dimulai dengan perkenalan diri. Topik selanjutnya mengenai budaya, negara, universitas, makanan, post covid era, teknologi dan science untuk society 5.0, dan teamwork”, kata Prof Kuroda

Pada Program ini telah terbagi 8 (delapan) group yang terdiri dari 4 (empat) hingga 5 (lima) mahasiswa gabungan dari 2 (dua) universitas.

Masing-masing group akan didampingi oleh tutor, diantaranya:
1. drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D
2. Prof. Masahiro Kuroda
3. Prof. Toshihiro Iguchi
4. Associate Prof. Takahiro Kataoka
5. Associate Prof. Masataka Oita
6. Basir, S.KM
7. drg. Fadhlil Ulum A. Rahman, Sp.RKG(K)
8. drg. Andi Sri Permatasari, Sp.KGA
9. drg, Nurul Namirah, M.K.M, dan

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)