FKG UNHAS News Lagi, Baksos Prodi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas Kolaborasi dengan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas Raih Rekor MURI, Ini Kegiatannya

Lagi, Baksos Prodi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas Kolaborasi dengan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas Raih Rekor MURI, Ini Kegiatannya

Lagi, Baksos Prodi Spesialis Prostodonsia FKG Unhas Kolaborasi dengan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas Raih Rekor MURI, Ini Kegiatannya post thumbnail image

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia FKG Unhas berkolaborasi dengan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas menggelar Bakti Sosial (Baksos) Pemasangan Serentak Protesa Mata. Kegiatan berlangsung di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas, Jum’at (14/2).

Kegiatan ini merupakan kegiatan pemasangan protesa mata yang terbanyak dalam sejarah dan telah mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pembuatan Protesa Mata Terbanyak secara Serentak.

Acara ini didukung oleh BSI dan BSI Maslahat sebagai bentuk kerjasama dalam menyediakan protesa mata bagi masyarakat yang membutuhkan.

Hadir pada kegiatan baksos, diantaranya:
1. Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc selaku Rektor Unhas,
2. dr. Hj. Rosmini Pandin, MARS selaku Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang juga mewakili Gubernur Sulsel.
3. Prof. Dr. drg. Bahruddin Thalib, M.Kes., Sp.Pros(K) selaku Ketua Senat Univesitas Hasanuddin
4. Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) selaku Wakil Rektor I Unhas,
5. Prof. Dr. Budu, M.Med.Ed., Ph.D selaku Ketua Perdami Pusat,
6. drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D selaku Dekan FKG Unhas
7. drg. A. Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K) selaku Direktur RSGMP Unhas,
8. Bapak Agus Salim yang mewakili Manager BSI Regio 10
9. Bapak Ust. Ichwan Jufri selaku Manager BSI Maslahat
10. drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) selaku KPS PPDGS Prostodonsia FKG Unhas sekaligus ketua pelaksana kegiatan.

Turut hadir pula para staf dosen serta para civitas akademika FKG Unhas.

Secara resmi kegiatan baksos dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kerjasama antara Departemen Prostodonsia FKG Unhas dan Departemen Ilmu Penyakit Mata FK Unhas dalam menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini.

Rektor Unhas juga mengapresiasi partisipasi dari seluruh tim medis dan tenaga ahli yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dirinya juga menegaskan, Unhas harus ikut mengambil bagian dalam berbagai kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat. Seperti kegiatan ini, semoga dapat membantu menumbuhkan kembali semangat pasien dan keluarganya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang juga mewakili Gubernul Sulsel, dr. Hj. Rosmini Pandin, MARS, juga mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh FKG Unhas dan FK Unhas dalam meningkatkan kesehatan mata masyarakat.

Ia juga menyampaikan pesan yang dititipkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan khususnya protesa mata secara gratis dan berkualitas. Program bakti sosial yang dilaksanakan oleh PPDGS Prostodonsia FKG Unhas didukung oleh PERDAMI dan BSI membuat gangguan kesehatan mata yang dialami sebagian masyarakat dapat dibantu dengan protesa mata ini sehingga mereka lebih percaya diri”, lanjutnya

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia, drg Irfan Dammar, Sp.Pros(K) dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial pembuatan protesa mata ini mengambil tema “KADO MATA BUAT LEBARAN” .

“Salah satu tujuan kegiatan baksos pembuatan protesa mata ini adalah sebagai bentuk pengabdian institusi pada masyarakat, sekaligus menunjang program pemerintah mewujudkan SDGs secara bertahap.

“Sasarannya, bagaimana kami hadir pada masyarakat untuk memberikn bantuan kepada mereka yang kurang mampu untuk mendapatkan fasilitas kesehatan”, lanjut drg. Irfan Dammar

Terima kasih atas dukungan penuh oleh BSI dan BSI MASLAHAT sebagai bagian dari program CSR. Dukungan penuh juga telah diberikan tahun lalu, saat Baksos Pemasangan Gigi Tiruan secara serentak yang juga meraih Rekor MURI.

Semoga dengan adanya apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang ke-2 kalinya, mampu memberi motivasi buat kami untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan dengan melibatkan kolaborasi antar multidisipliner yang terkait.

“Ucapan Terima kasih juga kami ucapkan buat pimpinan FKG Unhas dan Direktur RSGMP Unhas yang telah memberikan fasilitas untuk kelancaran acara tersebut. Terkhusus untuk keluarga besar Departemen Prostodonsia FKG Unhas sebagai host yang bekerja keras dalam mensukseskan baksos ini”, tutupnya

Kegiatan bakti sosial pemasangan serentak protesa mata ini dilakukan oleh tim medis yang terdiri dari para ahli prostodonsia dan ahli ilmu penyakit mata.

Pada baksos ini, sebanyak 68 pasien yang membutuhkan protesa mata telah mendapatkan pelayanan secara gratis.

Laporan: Abdul Majid Saputra