FKG UNHAS News Keluarga Mahasiswa FKG Unhas Bersilaturahmi ke Panti Asuhan, Ini Yang Dilakukan

Keluarga Mahasiswa FKG Unhas Bersilaturahmi ke Panti Asuhan, Ini Yang Dilakukan

Keluarga Mahasiswa FKG Unhas Bersilaturahmi ke Panti Asuhan, Ini Yang Dilakukan post thumbnail image

Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan “Angjangsana” ke Yayasan Panti Asuhan Putra Bahagia, yang berlokasi di Jl. Raya Baruga, Antang Kota Makassar, Minggu (21/5).

Kegiatan Angjangsana ini melibatkan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Dewan Mahasiswa Profesi (DMP) Lingkup FKG Unhas.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, drg. Acing Habibie Mude, Ph.D., Sp.Pros. Subsp.OGST(K). Dalam sambutannya, drg. Acing menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FKG Unhas.

“Anjangsana menciptakan kesempatan mahasiswa FKG Unhas yang sedang menempuh pendidikan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat khususnya anak-anak di panti asuhan”, kata drg. Acing

“Akan ada juga edukasi dan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut”, lanjutnya

Diakhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa FKG Unhas. Kami akan mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa, utamanya yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sambutan berikutnya berturut-turut datang dari Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Fadlan Isnan Makkawaru) dan Ketua BEM FKG Unhas (Andi Arifin Rianto).

Muhammad Rezky Ramadhan selaku Kordinator steering menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah memberikan akses kepada masyarakat tentang pemahaman kesehatan gigi dan mulut serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan gigi sejak dini.

Selain itu, mahasiswa kedokteran gigi FKG Unhas memperoleh pengalaman praktik langsung, meningkatkan keterampilan klinis serta memperdalam pemahaman mereka tentang kesehatan gigi dan mulut melalui interaksi dengan pasien.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana, Muhammad Ahsab menjelaskan bahwa ada juga ice breaking dan games pada kegiatan ini.

Anak-anak SD yang tinggal di sekitar panti asuhan juga ikut terlibat dengan didampingi oleh orang tua mereka untuk menyaksikan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut, seperti cara menyikat gigi yang benar.

Untuk pemeriksaan gigi dan mulut dilakukan oleh Dewan Mahasiswa Profesi FKG Unhas. Pemeriksaan dilakukan dengan metode tertentu dengan mengumpulkan data dan mengukur status kesehatan gigi dan mulut anak-anak setempat.

Kegiatan angjangsana berlangsung lancar hingga sore hari.

Laporan: Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)