FKG UNHAS News FKG Unhas Sambut Mahasiswa Baru 2023, Ini Pesan Dekan

FKG Unhas Sambut Mahasiswa Baru 2023, Ini Pesan Dekan

FKG Unhas Sambut Mahasiswa Baru 2023, Ini Pesan Dekan post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk Mahasiswa Baru tahun ajaran 2023/2024.

Penyelenggaraan PPKMB tersebut berlangsung pukul 08.00 WITA di halaman parkir FKG Unhas, Selasa (15/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan orientasi dan pemahaman mendalam kepada mahasiswa baru mengenai kehidupan kampus, sumber daya yang tersedia, serta memberikan pandangan holistik tentang perjalanan akademik dan pengembangan diri yang menanti mereka.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.B.M.M., Subsp.Ortognat-D (K)., Dekan beserta para Wakil Dekan, para KPS., para Ketua Departemen, para staf dosen, para tenaga kependidikan, para Ketua serta anggota Lembaga Kemahasiswaan FKG Unhas serta sivitas akademika FKG Unhas.

Mengawali kegiatan, sambutan datang dari Ketua BEM FKG Unhas (Muhammad Muh. Arifin Rianto), Ketua MAPERWA FKG Unhas (Fadhlan Isnan Makkawaru) serta Ketua Panitia PKKMB 2023 FKG Unhas (Andi Sri Permatasari, drg., Sp.KGA).

Sambutan selanjutnya oleh Dekan FKG Unhas, Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D., yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan PKKMB 2023 FKG Unhas.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada 255 Mahasiswa Baru tahun ajaran 2023/2024 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang telah melalui persaingan yang begitu ketat untuk bisa masuk di FKG Unhas.

“Adik-adik merupakan insan-insan terpilih dan calon-calon dokter gigi terbaik masa depan yang sudah menyisihkan kurang lebih empat ribu pendaftar untuk masuk ke FKG Unhas dari semua jalur penerimaan”, kata drg. Irfan Sugianto

Pada jalur tes penerimaan mahasiswa baru tahun ini, FKG passing gradenya tertinggi ke-3 di Unhas, artinya kualitas adik-adik mahasiswa baru tahun 2023 ini luar biasa. Ini menjadi modal awal untuk kita semua agar nantinya proses pendidikan bisa berjalan dengan baik.

“Jalan untuk menjadi dokter gigi dimulai hari ini, saya berharap adik-adik semua telah menanamkan semangat dalam diri untuk bersama-sama berkomitmen mengikuti kegiatan proses pendidikan dan pembelajaran dengan baik”, tambahnya

Saat ini Pendidikan Sarjana dan Profesi Dokter Gigi FKG Unhas telah terkareditasi unggul serta sudah terkareditasi internasional ASIIN oleh lembaga akreditasi independen dari Jerman. Standar-standar pendidikan dan kurikulum sudah diakui secara internasional, sehingga kita sekarang tidak hanya bersaing di Indonesia Timur tetapi kita bersaing di dunia internasional.

Diakhir sambutannya, Dekan FKG Unhas mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia P2KMB 2023 yang telah menyukseskan kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB 2023 FKG Unhas, Andi Sri Permatasari, drg., Sp.KGA juga mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang telah bergabung di salah satu Fakultas kedokteran Gigi terbaik di Indonesia.

Dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yakni dari tanggal 15 – 16 Agustus 2023, yang kami bagi menjadi 2 (dua) ruangan, yakni di Ruang Molar dan Ruang Premolar FKG Unhas.

“Ini merupakan langkah awal adik-adik semua menjalani pendidikan di FKG Unhas, olehnya itu kami berharap untuk tetap bersemangat mengikuti seluruh proses kegiatan ini”, kata drg. Andi Sri Permatasari

Salah satu rangkaian kegiatan PPKMB tahun ini yaitu penanaman pohon.

drg. Andi Sri Permatasari menjelaskan bahwa tema kolosal PKKMB 2023 Unhas “Selamatkan Bumi Selamatkan Masa Depan”, sehingga diharapkan melalui kegiatan menanam pohon ini menjadi langkah awal untuk menanamkan kepedulian kepada mahasiswa baru terhadap lingkungan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari beberapa pemateri seputar FKG Unhas dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas.

Laporan: Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)