FKG UNHAS News Belasan Mahasiswa dan 3 Profesor Asal Kampus Ternama di Jepang Berkunjung ke FKG Unhas, Ini yang Dilakukan

Belasan Mahasiswa dan 3 Profesor Asal Kampus Ternama di Jepang Berkunjung ke FKG Unhas, Ini yang Dilakukan

Belasan Mahasiswa dan 3 Profesor Asal Kampus Ternama di Jepang Berkunjung ke FKG Unhas, Ini yang Dilakukan post thumbnail image

Empat Belas (14) mahasiswa asal Okayama University, Jepang berkunjung ke Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Kedatangan rombongan mahasiwa asal Okayama University tersebut dalam rangka Student Exchange 2023 dengan mahasiswa asal Universitas Hasanuddin.

Kegiatan berlangsung di Ruang Senat FKG Unhas, 5 September 2023.

Student exchange 2023 dikuti oleh 14 orang mahasiswa dari Okayama University berasal dari Fakultas Keperawatan, Teknologi Radiasi, dan Teknologi Kesehatan.

Sementara dari Unhas diikuti oleh 17 mahasiswa dari berbagai Fakultas dalam bidang Kesehatan, diantaranya 9 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, 2 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (FK), dan 6 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Dekan FKG Unhas, drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada rombongan Okayama University, Jepang.

Rombongan mahasiswa dari Jepang didampingi oleh 3 orang Professor, diantarnya, Prof. Kuroda Masahiro, MD, Ph.D., Associate Prof. Kataoka Takahiro, Ph.D. dan Associate Prof. Oita Masataka, Ph.D.

Dekan FKG Unhas juga menjelaskan bahwa tujuan program ini yakni agar terjalin pertukaran informasi dan wawasan sehingga mahasiswa dapat saling memahami perbedaan budaya, pola hidup, latar belakang pendidikan dari dua negara tersebut.

“Semoga kegiatan yang berlangsung selama 2 hari nanti berlangsung lancar serta semakin mempererat kerjasama antara Unhas dan Okayama University”, harapnya

Sambutannya selanjutnya datang dari Prof. Kuroda Masahiro. Dalam sambutannya dirinya mengucapkan terima kasih kepada dekan FKG Unhas yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh tutor dan peserta sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Harapannya beliau menantikan kunjungan balik dari pihak Unhas ke Jepang.

Pada Program ini telah terbagi 8 (delapan) group yang terdiri dari 4 (empat) hingga 5 (lima) mahasiswa gabungan dari 2 (dua) universitas.

Sebelum berkunjung ke Indonesia, setiap hari selasa mahasiswa Unhas dan mahasiswa Okayama University telah melakukan pertemuan secara virtual mulai tanggal 11 April 2023 hingga 25 Juli 2023.

Setiap pertemuan mendiskusikan topik yang berbeda-beda dan diakhir pertemuan mereka mempersiapkan project yang akan mereka presentasikan saat presentasi final di Universitas Hasanuddin.

Pada kegiatan ini, selain Presentasi dari setiap kelompok sebagai final project, mahasiswa dan para dosen dari Universitas Okayama juga diajak berkunjung ke FKM Unhas, RSP Unhas, dan Gedung Rektorat Unhas.

Di RSP Unhas mahasiswa diperlihatkan pelayanan yang tersedia di Rumah Sakit, termasuk fasilitas yang tersedia.

Di Rektorat, mahasiswa dan dosen bertemu serta berdiskusi langsung dengan Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.) dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K).

Masing-masing group didampingi oleh tutor, diantaranya:
1. drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D
2. Prof. Masahiro Kuroda
3. Prof. Toshihiro Iguchi
4. Associate Prof. Takahiro Kataoka
5. Associate Prof. Masataka Oita
6. drg. Fadhlil Ulum A. Rahman, Sp.RKG(K)
7. Basir, S.KM
8. drg. Andi Sri Permatasari, Sp.KGA
9. drg, Nurul Namirah, M.K.M,

Kegiatan berlangsung lancar hingga tanggal 6 September 2023.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)