FKG UNHAS News Bahas Genomic, Ada Pakar Genomic dari Inggris Hadir di FKG Unhas, Ini Kegiatannya

Bahas Genomic, Ada Pakar Genomic dari Inggris Hadir di FKG Unhas, Ini Kegiatannya

Bahas Genomic, Ada Pakar Genomic dari Inggris Hadir di FKG Unhas, Ini Kegiatannya post thumbnail image

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Penyakit Mulut berkolaborasi dengan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kuliah tamu dengan topik “Understanding Genomic and its Role in Human Diseases: A Story & Experience from Colorectal & Lung Cancer”.

Kuliah tamu menghadirkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi., Ph.D., Sp.MK(K) yang memberikan pengantar tentang pentingnya ilmu genomic untuk penyakit-penyakit dirongga mulut.

Hadir sebagai pemateri, pakar genomic yang juga peneliti kanker asal Inggris sekaligus founder PT.PathGen Apt. Susanti S. Farm., M.Phil., Ph.D didampingi penelitinya Muhammad Zulfikar Arief, S.Si.

Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara hybrid dengan titik acara di Ruang Molar, Jum’at (8/9).

Mengawali kegiatan, Dekan FKG Unhas, drg. Irfan Sugianto, M.Med.Ed., Ph.D. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa tema kuliah tamu kali ini sangat menarik yang akan memberikan kita pemikiran baru tentang genomic.

Teknologi medis yang terus berkembang, genomic hadir sebagai salah satu terobosan penting dalam bidang kedokteran gigi. Teknologi genomic telah mengubah cara kita memahami, mendiagnosis, dan merawat serta membawa dampak positif yang signifikan pada perawatan gigi dan mulut.

“Ini menjadi informasi yang penting bagi kita semua, terkait bagaimana potensi pengembangan genomic di bidang kedokteran gigi”, ucapnya

“Kami juga di FKG Unhas akan membentuk tim research yang akan fokus terkait dengan genomic”, lanjutnya

Kami berharap kepada pemateri untuk dapat membuka cakrawala berpikir kita semua terkait dengan potensi genomic dalam bidang kedokteran gigi.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemateri dan peserta yang telah hadir dalam kegiatan ini.

Sementara itu KPS PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas, Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM.Sub.Inf(K). mengatakan setelah kuliah tamu, ada juga penandatanganan MoU antara PPDGS Penyakit Mulut dan PPDGS KGA FKG Unhas dengan PT. PathGen Diagnostic Technology tentang Education, Community Services and Research Activities.

Kegiatan ini juga menandai terbentuknya unit riset Genomik for Oral Diseases yang diharapkan membawa FKG UNHAS lebih berkontribusi terhadap kesehatan rongga mulut masyarakat Indonesia.

Kegiatan kuliah tamu berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)