FKG UNHAS News FKG Unhas Peringkat 2 Nasional dan 277 Dunia Versi SCImago

FKG Unhas Peringkat 2 Nasional dan 277 Dunia Versi SCImago

FKG Unhas Peringkat 2 Nasional dan 277 Dunia Versi SCImago post thumbnail image

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) raih peringkat dua Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia versi Scimago Institutions Ranking (SIR) by Subject Areas 2021 dari Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia yang beralamat di Spanyol yang secara resmi dirilis sejak 23 April 2021.

Dalam melakukan pemeringkatan, The SCImago Journal by Subject Areas, mencakup jurnal dan indikator ilmiah pada subject (Dentistry) yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam database Scopus.

SIR merupakan instrumen pemeringkatan terhadap lembaga akademik dan penelitian yang melihat keunggulan dalam tiga indikator, yaitu kinerja penelitian (dengan bobot 50% dengan 17 indikator), luaran inovasi (bobot 30% dengan 3 indikator), dan dampak sosial (bobot 20% dan terdiri atas 3 indikator).

Dekan FKG Unhas Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini.

Lebih lanjut, drg. Ruslin mengatakan bahwa FKG Unhas berada diposisi Dua besar Indonesia dan posisi 277 dunia dari 694 universitas yang mengikuti pemeringkatan SIR.

“Kabar baik ini tentu sangat membanggakan buat FKG Unhas, karena telah berhasil menyisihkan sejumlah perguruan tinggi besar lainnya yang ada di Indonesia”, ucap drg Ruslin dalam rilisnya, Jumat (7/5)

“Sebagai bentuk pertanggung jawaban kami, FKG Unhas berkewajiban untuk terus berupaya memperbaiki diri dengan meningkatkan kualitas Riset (jumlah jurnal, publikasi dan kolaborasi internasional), Inovasi (hak paten) dan Dampak Teknologi yang dikaitkan dengan hasil publikasi.

drg. Ruslin juga berharap dengan capaian ini menjadi spirit untuk terus berbenah mengantar Unhas menjadi World Class University, dimana Prodi Dokter Gigi telah menyandang pengakuan international (AUN-QA) sejak tahun 2019.

“Sementara pada tahun 2021 ini sejumlah prodi akan melaksanakan akreditasi dan rekakreditasi baik dari LAM-PTKes maupun dari Lembaga Akreditasi Luar Negeri seperti ASIIN sehingga FKG Unhas semakin kokoh sebagai gerbong pengembangan ilmu di Bidang Kedokteran Gigi di Indonesia khususnya di Kawasan Indonesia Timur”, tutupnya.

Laporan : Majid (Humas FKG Unhas)