Departemen Biologi Oral

Biologi Oral adalah ilmu yg mempelajari struktur,pertumbuhan, perkembangan dan fungsi jaringan mulut dan sekitarnya yang tercakup dalam system stomatognatik meliputi: gigi , jaringan lunak mulut, jaringan periodontal, tulang rahang, sendi rahang, otot-otot pengunyahan dan penelanan , kelenjar saliva, cairan rongga mulut, pembuluh darah , saraf dan limfe untuk dapat menjelaskan fenomena yang terjadi dalam sistem stomatognatik baik normal maupun yang menyimpang.

Departemen bilogi oral memiliki pencapaian pembelajaran pada mahasiswa yang diharapkan dapat menjelaskan dan mengetahui materi tentang Embriologi Gigi, terminologi umum dan  terminologi gigi , struktur jaringan gigi (email, dentin dan pulpa), morfologi gigi permanen dan gigi sulung, anomali gigi, hubungan gigi dengan jaringan periodontium, relasi fisiologis anatomi gigi dan struktur dento osseus. Hal ini ditunjang dengan adanya laboratorium anatomi gigi.

Lingkup lain dari departemen ini akan mencapai pembelajaran mengenai dasar-dasar mikrobiologi secara umum, dasar-dasar oral mikrobiologi, konsep umum penyakit, dasar-dasar imunologi, menjelaskan dan menganalisa dasar-dasar sistem imunitas rongga mulut. Hal ini didukung dengan adanya laboratorium mikrobiologi kedokteran gigi.

Lecturer

Prof. Dr. drg. Asmawati, M.Kes

Guru Besar

Bio-Oral Pharmacology

Prof. Dr. drg. Irene E. Rieuwpassa, M.Si

Guru Besar

Bio-Oral Anatomy

Dr. drg. Nurlindah Hamrun, M.Kes

Lektor Kepala

Bio-Oral Physiology

Dr. drg. A. St. Asmidar Anas, M.Kes

Lektor 

Bio-Oral Anatomy

drg. Vinsensia Laonardo, Sp.Pros

Asisten Ahli

Prosthodontics

drg. Rafikah Hasyim, M.Biomed

Asisten Ahli

Bio-Oral Anatomy