• Ditulis Oleh : majid fkg
  • 20 Desember 2023

FKG dan RSGMP Unhas Gelar BKGN Tahun 2023, Ini Kegiatannya

Kategori : Sosialisasi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2023. 

Kegiatan diawali pada hari ini dengan Pembukaan jam 08.00 WITA, Rabu (20/12) dan berakhir hingga Jum’at (22/12). Kegiatan tahun ini mengangkat tema "Senyum Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat".

Pelaksanaan BKGN 2023 bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas Jl. Kandea, Makassar. Ini merupakan kerjasama antara PT Unilever, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, dan RSGMP Unhas.

Turut hadir Perwakilan PT Unilever Indonesia, Tbk, Bapak Binsar Sitorus, Kepala Lembaga Kedokteran Gigi (Kaladokgi) TNI AL Yos Sudarso, Ka RSGM Ladokgi TNI AL Yos Sudarso, Dekan FKG UMI dan Direktur RSIGM UMI.

Turut hadir pula Ketua PDGI Wilayah Sulselbar, PDGI Cabang Kota Makassar,  Orang Tua yang masuk dalam KOADS (Komunitas Orang Tua dengan Anak Down Syndrome), para Dosen FKG Unhas yang telah purnabakti serta civitas akademika FKG Unhas.(*)

Dalam laporannya, Ketua Panitia BKGN 2023, Syakriani Syahrir, drg., Sp.KGA. Subsp. AIBK (K) mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan, tamu undangan serta seluruh tim panitia atas waktu dan dukungannya sehingga acara ini terselenggara.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara di antaranya adalah kegiatan Free Dental Treatment, School Health Program, dan Teledentistry. 

Free dental treatment merupakan perawatan gratis yang diberikan kepada pasien yang telah mendaftar online pada tanggal 12 Desember 2023 sebanyak 900 pasien. Angka ini jauh melebihi batas peserta yang ditargetkan Unilever yaitu 750 orang. Dengan peningkatan angka ini diperlukan kerjakeras dari panitia, karena antusias masyarakat untuk mengikuti BKGN sangat besar. 

Perawatan gratis yang didapat masyarakat adalah pembersihan karang gigi, penambalan sederhana gigi dewasa, pencabutan sederhana gigi dewasa, dan perawatan pada gigi anak. 

School Health Program berupa Penyuluhan dan Pelatihan kepada Guru dan Orang tua secara Online. 

School Health Program dilaksanakan di 3 sekolah dan 1 komunitas yakni di SD Nurul Fikri dengan 760 Siswa, TK Nurul Fikri dengan 126 Siswa dan SD Metro School dengan 147 siswa serta juga pada komunitas orang tua dengan anak Down Syndrome sebanyak 50 anak. 

Sehingga total total peserta School Health Program sebanyak 1083 anak.

“Sedangkan untuk Teledentistry dimulai sejak hari ini hingga tanggal 22 Desember 2023 dengan memberikan pelayanan konsultasi gratis secara online”, tutup drg. Syakriani

Mewakili Direktur RSGMP Unhas, Muhammad Gazali, drg. MARS., Sp.B.M.M., Subsp.T.M.T.M.J(K) selanjutnya bercerita singkat tentang kondisi terkini tentang RSGMP Unhas.

Dirinya juga menyampaikan komitmen dari RSGMP Unhas untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di masyarakat. 

Sambutan selanjutnya datang dari Wakil Dekan BIdang Akademik dan Kemahasiswaan FKG Unhas, (Acing Habibie Mude, drg., Ph.D., Sp.Pros. Subsp.OGST(K) menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya dan tentunya telah memberi manfaat yang sangat besar kepada masyarakat.

drg. Acing juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan BKGN 2023 sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan BKGN secara resmi dibuka yang ditandai dengan pemukulan gendang didampingi oleh seluruh tamu undangan. 

Kegiatan pembukaan BKGN 2023 berlangsung lancar hingga jam 10.00 Wita dengan diakhiri penampilan tarian Gandrang Bulo dari anak-anak Down Syndrome yang juga diberi kesempatan mendapatkan pemeriksaan dan  perawatan gigi gratis.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)