• Ditulis Oleh : majid fkg
  • 19 April 2024

FKG Unhas gelar "1st Joint Conference in Dentistry" dengan Menggandeng Universitas QS World Ranking 51 dalam Bidang Kedokteran Gigi

Kategori : Sosialisasi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar "1st Joint Conference in Dentistry" di Unhas Hotel and Convention, Jumat (19 April 2024).

Acara ini merupakan kolaborasi antara FKG Unhas dan Niigata University Japan, yang merupakan universitas peringkat 51 dunia dalam bidang Kedokteran Gigi menurut QS Ranking by Subject.

Kegiatan ini menjadi ajang diskusi dan pertukaran pengetahuan di bidang kedokteran gigi. Berbagai pembicara ternama hadir untuk berbagi wawasan dan penelitian terkini, berturut-turut diantaranya:

1. Prof. Takeyasu Maeda DDS., Ph.D. (Strategy for globalization in Niigata University Faculty of Dentistry); 

2. Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.B.M.M., Subsp.Ortognat-D (K). (Employing Materials and Tissue Engineering Techniques for Alveolar Bone Repair) 

3. Prof. Makoto Inoue, DDS., Ph.D. (Importance of oral health and orofacial function in elderly patients with dysphagia); 

4. Prof. Mansjur Nasir, Sp.Ort., Ph.D. (Recent technologies advancement in Maxilla Expansion: Challenge implementation in Indonesia); 

5. Prof. Kei Tomihara DDS., Ph.D. (Jaw osteosarcoma: Challenges in the diagnosis and treatment); dan 

6. Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM., Subsp.Inf(K). (Where do our research headings: Past, Recent, and Future).

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Dekan FKG Unhas, Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu realisasi Kerjasama antara FKG Unhas dan Niigata University, Japan. 

“Sebelumnya kami juga telah berkolaborasi dengan Niigata University Japan, seperti penelitian dan pertukaran mahasiswa”, lanjutnya

Dekan FKG Unhas juga menyampaikan rasa bangganya, karena saat ini Niigata University, Japan menduduki peringkat ke 51 dunia dalam bidang Kedokteran Gigi menurut QS Ranking by Subject.

Selanjutnya sambutan dari Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. 

Prof JJ sapaan akrab Rektor Unhas, menyampaikan selamat datang kepada para pemateri dan peserta serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan "1st Joint Conference in Dentistry".

Selain paparan materi dari pembicara inti, ada juga presentasi dari para residen FKG Unhas

Kegiatan ini dipandu oleh moderator-moderator dari FKG Unhas, yakni Yossy Yoanita Ariestiana, drg.,M.KG., Sp.BM.M. Subsp.Ortognat-D (K)., Syakriani Syahrir, drg., Sp.KGA. Subsp. AIBK (K)., Muh. Irfan Rasul, drg., Ph.D., Sp.BM.M. Subsp. C.O.M. (K)., serta Andi Sitti Hajrah Yusuf, drg., M.S.

"1st Joint Conference in Dentistry" berjalan dengan lancar hingga pukul 17.30 Wita.


Laporan: Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)