• Ditulis Oleh : Admin
  • 20 Mei 2024

Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia, FKG Unhas Gelar Program Bina Desa di Kelurahan Pattingaloang

Kategori : Sosialisasi

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggelar Program Bina Desa Mahasiswa tahun 2024, di Kelurahan Pattingaloang, Kota Makassar.

Kegiatan yang dimulai pukulm 09.00 Wita, bertempat di Home Industry & Social Care Center, Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Az-Zahra, Makassar, Sabtu, 18 Mei 2024.

Kegiatan ini bertemakan peningkatan kesehatan gigi dan mulut pada komunitas geriatrik melalui Program Bina Desa sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup lansia di Kelurahan Pattingaloang Kecamatan Ujung Tanah Makassar. 

Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKG Unhas (Acing Habibie Mude, drg., Ph.D., Sp.Pros., Subsp.OGST(K)., Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi (Erni Marlina,drg., Ph.D., Sp.PM, Subsp.Inf(K)., Koordinator Lansia Pattigaloan (Maupe, S.KM., M.Kes)., Kepala Sekolah Lansia (Dra. Nuraeni)., para Staf Dosen serta para mahasiswa Spesialis, Profesi Dokter Gigi dan Sarjana FKG Unhas.

drg. Acing dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Maupe, S.KM., M.Kes., Dra. Nuraeni yang telah bekerjasama sebagai mitra pengabdian. Dirinya juga menjelaskan tentang tujuan kegiatan tersebut.

“Selain mengajar mahasiswa, kami juga rutin mengadakn kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, dengan tujuan untuk mendekatkan kampus kepada masyarakat”, ucapnya

“Ini juga menjadi pembelajaran yang penting bagi mahasiswa, yang nantinya akan turun langsung ke masyarakat”, lanjutnya 

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut kepada para lansia.

Antusiasme para lansia di Kelurahan Pattingaloang patut diapresiasi. Banyak warga yang datang untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut mereka serta mengikuti penyuluhan.

Ini merupakah langkag awal, pasien yang telah diperiksa selanjutnya akan diarahkan ke RSGMP Unhas untuk dilakukan perawatan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.

Laporan: Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)