• Ditulis Oleh : majid fkg
  • 06 Juni 2024

Dua Prodi FKG Unhas Jalani Proses Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Kategori : Sosialisasi

Dua Program Studi di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalani proses visitasi lapangan dari Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) Cluster C. 

Adapun dua Program Studi tersebut yakni:
1. Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Bedah Mulut dan Maksilofasial;
2. Magister Ilmu Kedokteran Gigi.

Proses visitasi berlangsung selama 2 hari (5-6 Juni 2024).

ASIIN, lembaga akreditasi yang berbasis di Jerman, telah dikenal secara luas oleh komunitas pendidikan internasional atas kredibilitas dan prestisiusnya dalam menilai dan mengakreditasi program-program pendidikan tinggi. 

Keikutsertaan FKG Unhas dalam proses visitasi ASIIN menandai komitmen institusi tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran gigi yang ditawarkan kepada mahasiswa.

Adapun para asesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi, yaitu:
1. Prof. Dr. Maria Cristina Manzanares Céspedes, (Universitat de Barcelona)
2. Dr.med.dent. Thomas Koch., DDS, M.Biotech (Med Uni Graz)
3. Dr. Heribertus Dedy Kusuma Yulianto, (Gadjah Mada University)
4. Windy Sepry Marcelina Sihombing (Student at Gadjah Mada University)
5. Dr. Emeline Jerez, (ASIIN Office)

Pada acara penutupan yang berlangsung Ruang Rapat Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, para asesor memaparkan hasil visitasi selama 2 hari. 

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tim asesor ASIIN, serta  apresiasinya terhadap kerja keras kedua tim prodi yang terlibat.

“Kami sangat berterima kasih atas evaluasi yang mendalam dan konstruktif dari tim ASIIN. Hasil ini akan menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan di Unhas, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan” jelas Prof. JJ

Dekan FKG Unhas, Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D, juga mengucapkan terima kasih dan akan menindaklanjuti rekomendasi yang telah diberikan oleh tim Asesor.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan Unhas, KPS 2 Prodi terlibat serta tim Task Force yang telah memberikan dukungan sehingga proses visitasi berlangsung lancar. 

Laporan: Majid (Humas FKG Unhas)