• Ditulis Oleh : majid fkg
  • 05 Juni 2024

35 Mahasiswa FKG Unhas Terima Beasiswa Afirmasi Kemenkes Tahap I Tahun 2024, Terbanyak FKG Se-Indonesia dan Peringkat ke-3 Nasional

Kategori : Sosialisasi

Kabar gembira datang dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Sebanyak 35 mahasiswa FKG Unhas dinyatakan lolos seleksi untuk menerima Beasiswa Afirmasi Dokter Gigi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tahap 1 tahun 2024.

Beasiswa Afirmasi Kemenkes ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi putra putri daerah tertinggal, perbatasan kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan untuk pemenuhan dokter gigi di fasilitas pelayanan kesehatan.

Beasiswa ini akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan mereka dan menjadi dokter gigi yang berkualitas.

Dekan FKG Unhas, Irfan Sugianto, drg., M.Med.Ed., Ph.D yang kami temui menyampaikan rasa bangga atas raihan para mahasiswa tersebut karena FKG Unhas menjadi penerima beasiswa terbanyak untuk FKG seluruh Indonesia dan peringkat ke-3 terbanyak secara nasional penerima Beasiswa afrimasi Kemenkes periode I 2024.

“Kami sangat bangga dengan prestasi para mahasiswa kami yang telah berhasil meraih beasiswa afirmasi dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

“Dengan adanya beasiswa ini, para mahasiswa akan mendapatkan dukungan finansial. Selain itu, beasiswa ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi tambahan bagi mahasiswa dalam meneruskan pendidikan mereka”, lanjutnya

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKG Unhas (Acing Habibie Mude, drg., Ph.D., Sp.Pros., Subsp.OGST(K) mengatakan, untuk beasiswa meliputi: UKT, Biaya Hidup, dan biaya buku selama pendidikan menjadi dokter gigi.

“Fakultas konsen untuk mendampingi dan membantu mahasiswa mulai dari penyampaian informasi, pendampingan penyusunan dokumen yang dibutuhkan hingga melakukan follow up ke Kemenkes”, ujarnya

“Ini merupakan periode ke-3 mahasiswa kami mendapatkan beasiswa Afirmasi Kemenkes. Tahun 2022 ada 21 mahasiswa.  tahun 2023 ada 35 mahasiswa dan saat ini ada 35 mahasiswa. Sehingga total mahasiswa FKG Unhas penerima beasiswa afirmasi Kemenkes sekitar 91 mahasiswa.

Para mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa ini juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenkes.

 

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)