• Ditulis Oleh : majid fkg
  • 03 Juni 2024

PPDGS Periodonsia dan PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas Kerjasama dengan PDGI Cab. Pinrang Gelar Pengabdian kepada Masyarakat

Kategori : Sosialisasi

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia dan PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas bekerjasama dengan PDGI Cab. Pinrang gelar Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Puskesmas Lampa Kec. Duampanua Kab.Pinrang, Jumat, (31 Mei 2024).

Hadir Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi (Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM.Subsp., .Inf(K)., para staf Dosen serta para residen program spesialis FKG Unhas.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Unhas yang ke-68”, kata drg. Erni Marlina

Di Puskesmas Lampae bentuk kegiatan terdiri dari penyuluhan, pemeriksaan jaringan periodontal, kontrol plak, dan pembersihan karang gigi yang lebih dikhususkan pada penderita Diabetes Melitus oleh prodi PPDGS Periodonsia.

Sementara penyuluhan, pemeriksaan kesehatan rongga mulut, dan pelatihan periksa mulut sendiri kepada ibu Hamil di wilayah kerja Puskesmas Ujung Lero. drg. Dian Setiawaty, Sp.Perio sebagai ketua panitia, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PPDGS Periodonsia dan PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas yang dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan melakukan inisial terapi untuk mencegah peningkatan penyakit terutama pada masyarakat yang menderita penyakit sistemik seperti diabetes melitus atau ibu hamil yang sangat rentan terhadap perubahan kondisi rongga mulut.

Selain kegiatan pengabdian kepada masyarakat, PPDGS Periodonsia Unhas juga menyelenggarakan seminar Kedokteran Gigi dengan judul "Management Oral Health for Better Life".

Seminar ini diadakan pada hari Sabtu, 1 Juni 2024, dan diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi ilmu serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut dalam meningkatkan kualitas hidup.


 

Laporan: Majid (Humas FKG Unhas)