FKG UNHAS News Tim FKG Unhas Gelar Penyuluhan di Pangkep, Ini yang Dilakukan

Tim FKG Unhas Gelar Penyuluhan di Pangkep, Ini yang Dilakukan

Tim FKG Unhas Gelar Penyuluhan di Pangkep, Ini yang Dilakukan post thumbnail image

Tim dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan penyuluhan. Kegiatan penyuluhan berlangsung di Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is’ad yang berlokasi di Jl. Poros Padanglampe, Ma’rang, Kab. Pangkep , Sulawesi Selatan (11/3).

Rombongan tim dari FKG Unhas dipimpin oleh Prof. Dr. drg. Edy Machmud., Sp.Pros(K) dengan melibatkan residen Spesialis PPDGS Prostodonsia, Organisasi Mahasiswa Spesialis (FOKUS) dan mahasiswa FKG Unhas.

“Kegiatan penyuluhan berupa edukasi kesehatan gigi dan mulut dengan metode interaktif bagi siswa pesantren”, kata Prof Edy

“Kami juga mengadakan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut terhadap 10 orang guru pesantren Shohwatul Is’ad. Ini bertujuan agar pesantren mempunyai data tentang santri yang perlu dirawat kesehatan gigi dan mulutnya ke puskesmas terdekat di Kabupaten Pangkep”, tambah Prof Edy

Sementara itu Ketua Yayasan Prof. Dr. Yusring Sanusi Baso, S.S., M. App.Ling. menyampaikan, pesantren ini memiliki santri sebanyak 350 orang dan 37 orang guru yang mempunyai kualifikasi sebagai pendidik.

Untuk fasilitas kesehatan kami memiliki beberapa tenaga medis bertanggung jawab di POSKESTREN (Pos Kesehatan Pesantren) dan kami juga punya beberapa unit ambulance.

Ketika berbicara tentang kesehatan gigi dan mulut, Prof Yusring mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan indikator penting untuk menentukan kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga diperlukan pendidikan / penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang baik terutama bagi para santri yang merupakan generasi penerus bangsa seperti yang dilakukan oleh tim dari FKG Unhas saat ini.

Kegiatan penyuluhan berlangsung lancar dengan diakhiri foto bersama.