FKG UNHAS News Prodi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas Menggelar Workshop Fotografi

Prodi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas Menggelar Workshop Fotografi

Prodi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas Menggelar Workshop Fotografi post thumbnail image

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Workshop Fotografi.

Kegiatan Workshop I berlangsung pukul 13.00 Wita di Ruang Kelas Internasional D FKG Unhas, Kamis (21/09) dan Workshop II untuk latihan pengambilan foto intraoral dalam setting klinis, Selasa (26/09).

Workshop fotografi ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas.

KPS PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas, Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM.Sub.Inf(K). menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya dalam implementasi kurikulum dimana residen belajar mengenali komponen dalam sebuah kamera digital baik DSLR, Mirrorless, ataupun kamera dari perangkat Hp.

Selanjutnya, peserta diminta mengenali kondisi rongga mulut dan mempraktekkan tehnik pengambilan foto untuk mendapatkan gambar yang mampu memberikan informasi klinis yang detail.

Workshop ini membantu mahasiswa dan dosen kami untuk lebih memahami bagaimana fotografi dapat digunakan dalam praktik penyakit mulut.

Gambar klinis yang diharapkan baik untuk membantu penegakan diagnosis, follow up pasien, maupun untuk kepentingan dokumentasi dan publikasi. Kemampuan fotografi ini sangat penting dalam diagnosa dan dokumentasi kasus penyakit gigi dan mulut.

“Selain itu, pengadaan kamera dengan spesifikasi terbaru yang didukung oleh pihak Fakultas, perlu diappresiasi dengan penggunaan yang tepat dan hati-hati sehingga kamera dapat tetap berfungsi optimal, sehingga workshop ini sangat tepat dan urgen untuk dilaksanakan”, tutup drg. Erni

Pada workshop kali ini, hadir pula Koordinator IT FKG Unhas (Musholly Nihe) serta tim yang menjadi narasumber untuk pengenalan kamera secara umum.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)