FKG UNHAS News KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas

KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas

KKI Visitasi Prodi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas post thumbnail image

 

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Penyakit Mulut pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas). Pembukaan visitasi berlangsung pukul 09.30 Wita di Ruang Magister FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (05/10).

Adapun tim dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yakni:
1. Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO (Ketua Konsil Kedokteran Gigi)
2. drg. Achmad Syukrul Amin, MM (Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Gigi)
3. drg. Nadhyanto, Sp.Pros (Anggota Divisi Pendidikan Konsil Kedoktetan Gigi).

Mengawali kegiatan, Dekan FKG Unhas (Prof. Dr. Edy machmud, drg., Sp.Pros (K) dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesedian Tim dari KKI untuk melakukan visitasi di FKG Unhas. Secara umum, Prof. Edy memberikan penjelasan tentang kesiapan FKG Unhas dalam menghadirkan Prodi Spesialis Penyakit Mulut.

“Kami tentu mengharapkan seluruh rangkaian proses visitasi dapat terlaksana dengan lancar dan hasil yang diperoleh sesuai harapan kami bersama. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan upaya perluasan keilmuan yang dilakukan FKG Unhas untuk mendorong lahirnya sumber daya manusia yang berkualitas,” jelas Prof. Edy.

Selanjutnya Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas (Andi Tajrin, drg., M.Kes.,Sp.BM(K)., menyampaikan bahwa beberapa pengembangan di RSGMP telah kami lakukan untuk mendukung aktifitas Prodi di FKG Unhas termasuk PPDGS Penyakit Mulut yang menjadi salah satu Prodi Spesialis unggulan.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K). Pada kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan sambutan hangat kepada KKI yang telah hadir di FKG Unhas.

Prof. Ruslin mengatakan, bahwa pengembangan prodi di FKG Unhas saat ini termasuk prodi spesialis Penyakit Mulut merupakan upaya peningkatan kualitas pembelajaran serta menyiapkan SDM untuk memberikan pelayanan langsung ke masyarakat khususnya di Kawasan Indonesia Timur.

“Secara umum, Unhas terus memaksimalkan diri melalui pengembangan Prodi dan peningkatan SDM guna memberikan pelayanan-pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat”, jelas Prof. Ruslin.

Diakhir sambutannya mewakili Pimpinan Universitas, Prof Ruslin sangat mengapresiasi dan medukung apa yang telah dilakukan oleh FKG Unhas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Konsil Kedokteran Gigi, Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO., dalam sambutannya memaparkan tentang tugas dan fungsi KKI.

Setelah proses pembukaan, dilanjutkan proses visitasi yang dilakukan oleh KKI. Tim KKI juga meninjau wahana pendidikan di Dental Center RS Unhas dan RSGMP Unhas.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut diantaranya para Wakil Dekan, Direktur dan para Wakil Direktur RSGPM, Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi, Ketua dan Anggota Task Force Pembukaan Prodi PPDGS Penyakit Mulut serta sivitas akademika FKG Unhas.

Dari hasil visitasi, tim KKI menyetujui pembukaan prodi PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas.

Perlu diketahui bahwa PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas telah divitasi pula oleh Kolegium Ilmu Penyakit Mulut Indonesia pada tanggal 9 – 10 Agustus 2022.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)