FKG UNHAS News LAM-PTKes Visitasi Prodi Terapi Gigi FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Terapi Gigi FKG Unhas

LAM-PTKes Visitasi Prodi Terapi Gigi FKG Unhas post thumbnail image

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi asesmen lapangan dalam rangka Akreditasi Minimum Program Studi Sarjana Terapan (D-IV) Terapi Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WITA yang bertempat di Ruang Senat FKG Unhas, Senin (10/10).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum), Dekan FKG Unhas (Prof. Dr. Edy machmud, drg., Sp.Pros (K), beserta jajaran pimpinan lingkup FKG Unhas.

Adapun sebagai tim assesor LAM-PTKes, yakni:
1. Dr. Rikawarastuti, SKM., M.Kes (Poltekkes Kemenkes Jakarta I)
2. drg. Ratih Larasati, M.Kes (Poltekkes Kemenkes Surabaya)

Dalam sambutannya, Prof Edy menyampaikan bahwa dalam upaya pembukaan Program Studi Sarjana Terapan D-IV Terapi Gigi, FKG Unhas telah mempersiapkan berbagai kebutuhan pendukung, seperti pengisian Borang Pembukaan Program Studi sebagai dokumen persyaratan.

Prof Edy juga mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kesedian Tim Asesor dari LAM-PTKes untuk melakukan visitasi di FKG Unhas.

Terima kasih pula kepada KPS dan Taks Force yang sudah berjuang dan mempersiapkan kegiatan ini dari awal.

“Semoga rangkaian proses visitasi hari ini berjalan dengan lancar serta mendapat hasil yang maksimal. Olehnya itu, masukan-masukan dari para asesor sangat kami harapkan untuk pengembangan Prodi ini kedepannya”, harapnya

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fak. Vokasi Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP) juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Asesor dari LAM-PTKes.

Prof Restu juga menjelaskan secara singkat tentang Fakultas Vokasi Unhas.

“Sebagai fakultas baru, sudah tentu kegiatan ini akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi kami karena dengan kehadiran para asesor, akan memberikan manfaat dan menyempurnakan prodi ini”, jelas Prof Restu

Mewakili tim asesor, Dr. Rikawarastuti menyampaikan bahwa tugas kami untuk melihat, mengklarifikasi serta mencocokan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan dengan kondisi di lapangan.

Secara resmi kegiatan visitasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum). Dalam sambutannya Prof Farida menyampaikan salam hormat dari Pimpinan Universitas kepada para asesor serta tim dari FKG Unhas.

Prof Farida juga menyampaikan terima kasih kepada para aseor yang telah meluangkan waktu untuk datang menilai kelayakan dari Prodi ini untuk tahap mimimumnya. Semoga menjadi tahap awal untuk Prodi ini segera berpacu melakukan kegiatan-kegiatan yang meberikan manfaat kedepannya kepada masyarakat.

“Semoga proses visitasi ini dapat berjalan dengan lancar. Pandangan dan masukan-masukan dari para asesor serta upaya-upaya yang harus kita lakukan akan menjadi penting agar prodi ini lebih baik kedepannya”, lanjut Prof Farida

Setelah proses pembukaan, kemudian dilanjutkan proses visitasi yang dilakukan oleh para asesor. Para asesor juga meninjau wahana pendidikan yang ada di FKG Unhas, Dental Center RS Unhas serta RSGMP Unhas.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut diantaranya para Wakil Dekan, Direktur dan para Wakil Direktur RSGPM, Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi, para Staf Dosen Prodi Sarjana Terapan (D-IV) Terapi serta sivitas akademika FKG Unhas.

Proses visitasi berlangsung selama 2 (dua) hari hingga tanggal 11 Oktober 2022.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)