FKG UNHAS News Konsil kedokteran Indonesia Bekunjung ke FKG Unhas, Ini Yang Dilakukan

Konsil kedokteran Indonesia Bekunjung ke FKG Unhas, Ini Yang Dilakukan

Konsil kedokteran Indonesia Bekunjung ke FKG Unhas, Ini Yang Dilakukan post thumbnail image

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan Supervisi dan Pendampingan Penerapan Standar Pendidikan Profesi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Proses Pembukaan berlangsung pukul 09.30 Wita di Ruang Senat FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (24/10).

Adapun tim dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yakni:

1. drg. Achmad Syukrul Amin, MM (Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Gigi)
2. drg. Nadhyanto, Sp.Pros (Anggota Divisi Pendidikan Konsil Kedoktetan Gigi).
3. dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO (Sekretaris Konsil Kedokteran Indonesia)

Mengawali kegiatan, Dekan FKG Unhas (Prof. Dr. Edy machmud, drg., Sp.Pros (K) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesedian Tim KKI untuk hadir kembali di FKG Unhas.

Prof Edy menjelaskan bahwa kedatangan Tim KKI ke FKG Unhas tidak hanya sekedar untuk melihat fasiltas-fasilitas yang ada di FKG Unhas, tetapi juga untuk meninjau langsung perkembangan proses – proses pembelajaran yang diterapkan di PPDGS Konservasi Gigi.

“Karena sudah ada penerapan standar pendidikan dokter gigi Spesialis yang ditetapkan, tentunya ini akan dilihat kembali oleh TIM KKI”, kata Prof Edy

“Semoga banyak yang dicapai pada pertemuan kali ini dan masukan-masukan dari tim KKI sangat kami perlukan untuk perkembangan PPDGS Konservasi Gigi FKG Unhas kedepannya”, lanjut Prof Edy

Perwakilan dari Tim KKI, drg. Ahmad Sykrul Amin, MM menjelaskan bahwa KKI akan memonitoring dan evaluasi penerapan standar Pendidikan Profesi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi di FKG Unhas.

“Dasar dari pelaksanaan ini yakni Undang-Undang nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran”, kata drg. Ahmad Syukrul

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa tujuan dari undang-undang tersebut yakni untuk melindungi masyarakat yang menerima jasa pelayanan masyarakat oleh dokter dan dokter gigi. Selain itu untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dokter dan dokter gigi.

Sementara itu, sambutan dari Ketua KKI dsampaikan oleh salah satu tim KKI lainnya, drg. Nadhyanto, Sp.Pros.

Setelah proses pembukaan, dilanjutkan pemaparan dari Ketua Program Studi PPDGS Konservasi Gigi (Nurhayaty Natsir, drg., Ph.D., Sp.KG (K)., dilanjutkan dengan proses visitasi. Tim KKI juga meninjau fasilitas pendidikan di FKG Unhas dan RSGMP Unhas.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut diantaranya para Wakil Dekan, Direktur dan para Wakil Direktur RSGMP Unhas, Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi, para staf dosen Konservasi Gigi serta sivitas akademika FKG Unhas.

 

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)