FKG UNHAS News Dosen FKG Unhas Bahas Dental Implant di Conference Internasional di Taiwan

Dosen FKG Unhas Bahas Dental Implant di Conference Internasional di Taiwan

Dosen FKG Unhas Bahas Dental Implant di Conference Internasional di Taiwan post thumbnail image

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) drg. Muhammad Ikbal, Sp.Pros., yang saat ini melanjutkan pendidikan program Ph.D di China Medical University, Taiwan menjadi pembicara dalam kegiatan pada kegiatan “2022 China Medical University (CMU) – University of Malaya (UM) the 3rd Collaboration Virtual Conference”.

Konferensi Internasional ini diselenggarakan oleh China Medical University, Taiwan berkolaborasi dengan Malaya University, Malaysia. Kegiatan berlangsung di Kampus CMU, Taiwan (12/11).

Kegiatan konferensi tersebut menghadirkan pembicara dari Taiwan, Malaysia dan dari Indonesia dengan berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda, diantaranya:

1. Chun-Yi Huang (Orthodontic/Taiwan)
2. Sofya Binti Zulkifli (Restorarative Dentistry/Malaysia)
3. Anas Hakimee Ahmad Ubaidillah (Resorative dentistry/Malaysia)
4. Pei-Hsuan Li (Orthodontic/Taiwan)
5. Lynn Ko Wei Linn (Special Care Dentistry/Malaysia)
6. Hao ZHang (Prosthodontic/Taiwan)
7. Nurul Salwa Che Abdul Rahim (Community Dentistry)
8. Muhammad Ikbal (Prosthodontic/Indonesia)

Pada kesempatan tersebut, drg. Ikbal mengangkat topik “Evaluation of Anatomic Factors in the Esthetic Zone for Immediate Implant Placement”.

Dalam penjelasannya, drg. Ikbal mengatakan bahwa saat ini perawatan dental implant menjadi salah satu jenis perawatan yang popular karena dental implant dapat mempertahankan jaringan struktur tulang dan memiliki survival rate 85%-100%.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa pemasangan dental implant tetap harus berhati-hati dan dokter gigi membutuhkan skill yang baik dan knowledge tentang anatomi tulang rahang agar nantinya tidak terjadi bone perforation pada saat pemasangan dental implant.

Kegiatan Conference dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam diskusi tersebut, disepakati untuk mengadakan penelitian dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat kolaborasi.

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)