FKG UNHAS News FKG Unhas dan College of Oral Medicine TMU-Taiwan Perkuat Kerjasama Internasional

FKG Unhas dan College of Oral Medicine TMU-Taiwan Perkuat Kerjasama Internasional

FKG Unhas dan College of Oral Medicine TMU-Taiwan Perkuat Kerjasama Internasional post thumbnail image

Sebagai upaya memperkuat kerjasama internasional dengan universitas mitra luar negeri, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan kunjungan ke College of Oral Medicine, Taipei Medical University (TMU)Taiwan, Selasa (22/11).

Rombongan FKG Unhas dipimpin langsung oleh Coordinator International Affairs Office of Dentistry Faculty Hasanuddin University, Erni Marlina, drg., Ph D., Sp.PM., SubSp.Inf(K).

Turut Hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya salah seorang tim dari Unhas (Nurul Masyiah Rani Harusi, ST.,M.Eng) serta staf pengajar FKG Unhas yang sedang melanjutkan pendidikan (Program Ph.D) di China Medical University Taiwan (Israyani, drg., Sp.PM, Subsp.Inf(K), Christine A Rovani, drg., Sp.KG (K), Muhammad Ikbal, drg., Sp.Pros).

Hadir juga alumni FKG Unhas yang melanjutkan pendidikan di TMU (Taufik Abdullah Mappa, drg., M.Sc.,Andi Nurul Ilmi Gunawan., drg. Citra Dewi Sahrir drg., dan Muhammad Izzah Abdillah, drg).

Rombongan FKG Unhas diterima langsung oleh Dean, College of Oral Medicine, Taipei Medical University (Professor, Hsin-Chung Cheng) dan beberapa pejabat lainnya, diantaranya:

1. Professor Li-Sheng Chen (Vice Dean, College of Oral Medicine, TMU)

2. Professor Haw-Ming Huang (Vice Dean, College of Oral Medicine, TMU)

3. Professor Chia-Yu Wu
(Director of Dental Department, Taipei Medical University Hospital)

4. Professor Yung-Kang Shen (Director, School of Dental Technology, TMU)

5 Professor Hsin-Hua Chou
(Director, School of Oral Hygiene, College of Oral Medicine, TMU)

drg. Erni Marlina selaku ketua tim dari FKG Unhas menyampaikan bahwa kunjungan kali ini untuk membicarakan Memorandum of Aggreement yang merupakan penjelasan teknis dari MOU dengan College of Oral Medicine, TMU yang ditandatangi sejak tahun 2015.

Lebih lanjut, drg. Erni menambahkan bahwa salah satu detail pelaksanaan mengenai penelitian berkelanjutan yang menargetkan peningkatan sumber daya dan kualitas hidup manusia, transfer ilmu, pengetahuan dan teknologi

“Peningkatan tersebut sebagai upaya untuk memenuhi target no one is leave behind seperti pada prinsip SDGs dari dewan PBB”, jelas drg. Erni

Pencapaian teknis ini akan dilakukan dengan kolaborasi penelitian, pertukaran mahasiswa dan staf, serta pegabdian masyarakat.

Selain rencana implementasi kerjasama, dibahas juga mengenai sistem pendidikan kedokteran gigi yang berlaku pada kedua institusi.

Pada kesempatan tersebut, Dean, College of Oral Medicine TMU; Professor Hsin-Chung Cheng dalam sambutannya sangat mengapresisasi dan menyambut baik kunjungan rombongan dari FKG Unhas.

Dirinya juga secara terbuka mengatakan akan menerima mahasiswa, alumni dan staf pengajar dari FKG Unhas yang akan melanjutkan pendidikan di TMU.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas yang dihubungi terpisah (Prof. Dr. Edy Machmud, drg., Sp.Pros(K)., sangat mengapresisasi kegiatan dan kerjasama ini.

Beliau menyampaikan bahwa kerjasama ini akan terus ditingkatkan dengan mengirim staf dan alumni ke TMU dan sesegera mungkin melakukan penelitian bersama antara kedua institusi.

Kegiatan kunjugan tim FKG Unhas diakhiri dengan observasi ke beberapa laboratorium pendidikan di TMU dan Taipei Medical Universitu Hospital.

Laporan: Muhammad Ikbal